1 Muharram 1445 H Saudi Ganti Kain Kiswah Kakbah, Disulam 120 Kg Benang Emas

Otoritas Arab Saudi mengganti kain kiswah Kakbah di Masjidil Haram pada malam 1 Muharram 1445 H (Foto / Istimewa) Otoritas Arab Saudi mengganti kain kiswah Kakbah di Masjidil Haram pada malam 1 Muharram 1445 H (Foto / Istimewa)

JAKARTA : Otoritas Arab Saudi mengganti kain kiswah Kakbah di Masjidil Haram, Makkah, Selasa 18 Juli 2023 malam waktu setempat. Mahkamah Agung Arab Saudi menetapkan 1 Muharram 1445 H telah masuk selepas magrib kemarin, berdasarkan pengamatan hilal. Para pekerja Masjidil Haram memulai proses penggantian kain kiswah secara hati-hati.

Prosesnya memakan waktu beberapa jam, dimulai dengan melepas lain lama kemudian hingga memasang yang baru. Proses penggantian kain diawasi ketat oleh tim khusus, mulai dari pelepasan cincin emas yang mengikat kiswah ke Kakbah, pemasangan kain yang baru, kemudian melepas kain penutup lama dengan membiarkannya jatuh. Pembuatan kain kiswah Kakbah melibatkan lebih dari 100 tenaga terampil.

Mereka membuat 56 bagian kiswah dengan sulaman tangan. Setiap bagian membutuhkan waktu pengerjaan antara 60 hingga 120 hari untuk menyulam. Kain kiswah yang baru dibuat menghabiskan 120 kg benang emas dan 100 kg perak.

baca juga : Kasus Al Zaytun, Mahfud MD : Bahaya Kalau Dibubarkan!

 


(ADI)

Berita Terkait