Doorr...!! 2 Perampok Mobil Box Rokok Senilai Rp 12 Miliar Ditembak

Salah satu perampok mobil box digelandang petugas/metrotv Salah satu perampok mobil box digelandang petugas/metrotv

PONOROGO: Tim Resmob Polres Ponorogo, Jawa Timur berhasil meringkus tiga kawanan perampok mobil box yang beraksi di jalur propinsi beberapa waktu lalu. Pelaku sempat membawa kabur satu mobil box berisi rokok senilai Rp 2,8 miliar.

Ketiga perampok  masing-masing berinisial M, S, dan  J diringkus Tim Resmob Polres Ponorogo, di wilayah Jakarta. Dua diantaranya terpaksa dihadiahi timah panas karena mencoba melawan petugas saat diamankan.

"Dari tangan pelaku, petugas mengamankan sejumlah barang bukti. Diantaranya satu unit mobil box beserta surat-suratnya, serta dokumen jual-beli perusahaan rokok, " ujar  AKBP Catur Cahyono Wibowo, Kapolres Ponorogo.

Peristiwa perampokan itu terjadi di jalur propinsi, tepatnya  perbatasan Ponorogo-Trenggalek, Jawa Timur, pada 7 Februari 2023. Dalam aksinya, ketiga pelaku menghentikan mobil box yang melaju dari Malang hendak menuju Madiun dengan berpura-pura sebagai polisi.

BACA: Terobos Pertigaan Brangkal Mojokerto, Pemotor Tewas Terlindas Truk Gandeng

Setelah berhenti, sopir box lalu disekap dan dimasukkan ke dalam mobil pelaku. Sementara truk box berisi 214 box rokok senilai Rp 2,8 miliar diambil alih oleh pelaku.

"Sopir box tersebut diturunkan di daerah Banjar, Jawa Barat, yang kemudian kembali ke Ponorogo untuk membuat laporan kepolisian.  Polisi kemudian melakukan pengejaran dan berhasil menangkap ketiganya di wilayah Jakarta, " ujar Kapolres.

Salah satu pelaku, berinisial J mengaku, mendapatkan bagian sebesar Rp 38 juta. Sementara barang bukti rokok diduga telah dijual ke penadah. Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya pelaku dijarat pasal 365 KUHP dengan ancaman 9 tahun penjara.

 


(TOM)

Berita Terkait