Pasar Bululawang Hangus, Pemkab Malang Siapkan Tempat Relokasi Sementara

Kondisi kios Pasar Bululawang, Malang yang hangus terbakar (Foto / Metro TV) Kondisi kios Pasar Bululawang, Malang yang hangus terbakar (Foto / Metro TV)

MALANG : Wakil Bupati (Wabup) Malang Didik Gatot Subroto meninjau Pasar Bululawang yang hangus terbakar, Minggu 16 Januari 2022. Didik berjanji akan menyiapkan tempat relokasi sementara bagi para pedagang korban kebakaran. Didik meminta para pedagang untuk bersabar sebab harus ada tahapan-tahapan yang dilakukan.

Dalam kesempatan itu, Didik juga sempat berbincang dengan sejumlah pedagang pasar yang ditemuinya. Sejumlah keluhan dan kritikan pedagang ia tampung, untuk bisa dieksekusi menjadi sebuah kebijakan. Didik menyatakan, ada tahapan-tahapan yang memang dilakukan dengan berproses sebagai upaya penanganan pasca kebakaran.

Di antaranya diawali dengan memberi kesempatan pihak kepolisian untuk terlebih dahulu melakukan penyidikan penyebab kebakaran dalam satu dua hari ini. Pasca penyelidikan, baru nanti akan menjadi dasar sebuah keputusan Pemkab Malang dalam rangka tindak lanjut nantinya.

Baca Juga : Pasar Bululawang Malang Terbakar, 51 Kios Ludes

"Dalam waktu jangka pendek adalah relokasi pedagang kepada kurang lebih 35 pedagang agar sirkulasi perekonomian dan kewajiban pedagang yang bersangkutan tetap bisa berjalan. Agar secara keseluruhan langsung bisa berjalan dengan baik," kata Didik.

Nantinya Pemkab Malang bakal meminta Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disdag) Kabupaten Malang untuk berkomunikasi dan melakukan pendataan konkrit pedagang yang terdampak kebakaran. "Terkait relokasi ini harus dikomunikasikan dengan baik melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan, lokasinya dimana yang dimungkinkan. Seluruh pedagang jangan sampai kehilangan pembelinya," kata

Dengan relokasi, Didik berharap besar masih ada kesempatan bagi para pedagang bermusyawarah titik relokasi. Tentunya, langkah relokasi ini sembari menunggu proses pembangunan karena Pemkab Malang juga harus melakukan hal-hal yang dilakukan, terkait penganggaran.

"Rencana relokasi untuk sementara diperuntukkan bagi para pedagang yang kiosnya terbakar. Relokasi dalam dua minggu bisa selesai, tepat setelah proses penyidikan dari kepolisian," tukasnya.

Di lokasi, nampak beberapa pedagang nekat menerobos garis polisi yang terpasang, agar bisa mengambil harta benda yang belum terbakar. Diketahui kebakaran Pasar Bululawang terjadi dini hari tadi. Setidaknya ada 51 kios yang ludes dilalap api yang diduga berasal dari korsleting listrik itu.

 


(ADI)

Berita Terkait