Laga Indonesia vs Vietnam DIjaga 3.624 Personel, Bus Pemain Dikawal Rantis

Suporter Timnas Indonesia/pssi Suporter Timnas Indonesia/pssi

JAKARTA: Sebanyak 3.624 personel gabungan diterjunkan untuk mengamankan pertandingan semifinal Piala AFF 2022 antara Indonesia melawan Vietnam di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Jumat malam ini, 6 Januari 2022.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan merinci personel gabungan tersebut terdiri dari 3.281 anggota Polri, 212 personel TNI, dan 131 personel dari pemerintah daerah.

Ribuan aparat gabungan itu akan berjaga di luar stadion. Sementara di bagian dalam stadion akan dijaga oleh 500 steward.

"Mendasari aturan FIFA maka utk pengamanan di dalam stadion (seputar lapangan) akan ada steward," kata Zulpan, ketika dihubungi, Kamis (5/1).

BACA: Lawan Vietnam, Timnas Indonesia Buang Startegi Parkir

Zulpan mengatakan dari ribuan personel, 200 anggota Polri berpakaian preman juga diterjunkan di tribun penonton. Ia mengatakan nantinya Polri berpakaian preman akan mengamankan penonton yang membuat keributan.

"Seperti kemarin kita lihat, kita kan juga punya layar monitor, CCTV yang dari pengelola GBK. Setiap sektor itu kan termonitor CCTV. Kita lihat kalau ada penonton yang mabuk, kemudian yang berantem, anggota yang tidak berseragam yang preman itu yang nanti mengamankan agar tidak terjadi keributan," katanya.

Selain itu, Zulpan mengatakan pihaknya akan menerjunkan kendaraan bermotor dan mobil pengawalan lalu lintas, serta kendaraan taktis untuk mengawal bus yang membawa pemain dan ofisial Vietnam.

"Polda Metro Jaya juga akan menyiapkan kendaraan rantis untuk mengawal kendaraan bus pemain Vietnam," jelasnya.

Sebelumnya, bus yang mengangkut pemain dan ofisial timnas Thailand diserang oknum suporter Indonesia saat menuju Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (29/12).

Zulpan mengatakan kepolisian mengimbau para penonton di samping mendukung Timnas Indonesia, untuk ikut menjaga nama baik bangsa Indonesia dengan tetap menjaga kondusivitas sebelum, saat, dan sesudah pertandingan.

 


(TOM)

Berita Terkait