Bongkar Perdagangan Ilegal, Ratusan HP Rekondisi Disita

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Kusumo Wahyu Bintoro menunjukkan barang bukti hp rekondisi yang dijual ilegal (Foto / Metro TV) Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Kusumo Wahyu Bintoro menunjukkan barang bukti hp rekondisi yang dijual ilegal (Foto / Metro TV)

SIDOARJO : Satreskrim Polres Sidoarjo mengungkap kasus dugaan perdagangan handphone (HP) ilegal. Satu orang tersangka berinisial C (22) diamankan. Barang buktinya berupa ratusan HP rekondisi siap jual.

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Kusumo Wahyu Bintoro mengatakan awalnya anggota kepolisian mendapat informasi terkait adanya perdagangan HP rekondisi melalui online. Total polisi menyita 404 HP dari tersangka C. Rinciannya, HP merek Iphone berbagai seri sebanyak 272 unit, HP merek Sony berbagai seri 133 unit, 72 dusbook, 1 monitor, dan 1 buku rekapitulasi penjualan.

“Modus tersangka yaitu membeli barang secara online dari Batam dikirim ke Sidoarjo, dibawa melalui jalur Udara dan Laut. Barang rekondisi tersebut oleh tersangka diperbaiki dan diperbarui untuk kemudian dijual kembali,” ujarnya, Jumat 29 April 2022.

Barang yang dijual tersangka tidak dilengkapi dusbook serta garansi resmi. Tersangka melanggar ketentuan Undang-undang perlindungan konsumen dan Undang-undang perdagangan. Dari hasil pemeriksaan, tersangka C menjual HP rekondisi sejak Oktober 2021.

Baca juga : Polres Malang Terjunkan Tim K9 di Stasiun dan Terminal

“Tersangka ini digaji Rp5 juta per bulan dan mendapat komisi 5 persen dari total penjualannya per bulan. Atasan atau bos tersangka saat ini masih DPO, yang diketahui berinisial E,” imbuhnya.

Kapolresta Sidoarjo menambahkan, sindikat perdagangan HP ilegal tersebut menyewa sebuah apartemen di Sidoarjo untuk dijadikan gudang. “Tindak lanjut dari penyitaan barang bukti ini kemudian akan dimusnahkan,” tutupnya.


(ADI)

Berita Terkait