Ojol Hingga Juru Parkir Ikut Daftar Caleg di Malang

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mendaftarkan bacaleg ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malang, pada Sabtu 13 Mei 2023. Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mendaftarkan bacaleg ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malang, pada Sabtu 13 Mei 2023.

MALANG:  Driver atau pengemudi ojek online (ojol) hingga juru parkir (jukir) mendaftar bakal calon legislatif (bacaleg) lewat Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Mereka mendaftar bersama bacaleg PSI lainnya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malang,  Sabtu 13 Mei 2023.

Ketua DPD PSI Kabupaten Malang, Yosea Suryo Widodo, mengatakan, ada 26 bacaleg yang didaftarkan ke KPU hari ini. Rinciannya yakni 17 bacaleg pria dan sembilan bacaleg perempuan.

"PSI Kabupaten Malang sudah menyerahkan berkas-berkas bacaleg terbaiknya. Kami sudah bisa lolos dalam menginput silonnya, sehingga kami bisa berproses ke tahap selanjutnya. Kami menyerahkan berkas tepat  jam 15.00 WIB karena kita menyesuaikan dengan nomor 15 nomor PSI nya," katanya.

Yosea mengaku, para bacaleg yang didaftarkan ini memiliki latar belakang yang bermacam-macam. Mulai dari kalangan profesional muda, ibu rumah tangga, pengemudi ojol, jukir, pensiunan hingga pelaku UMKM.

BACA: Diarak Hadrah hingga Reog, NasDem Jatim Daftarkan

"Kita menargetkan per dapil satu kursi sehingga nanti PSI bisa memenuhi satu fraksi. Untuk strategi kita masih original ya. Jadi masing-masing memiliki komunitas dan masing-masing memiliki strategi yang pastinya merakyat. Artinya kita harus sesuai dengan motto kita kerja untuk rakyat," ungkapnya.

Sementara itu, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) juga mendaftarkan 50 orang bacalegnya ke KPU Kabupaten Malang hari ini. Pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang, PKB menargetkan 16 kursi anggota DPRD Kabupaten Malang.

"Sesuai dengan berita acara yang kami terima, semua persyaratan Alhamdulillah lengkap. Harapannya nanti karena pendaftarannya lancar, harapannya nanti kedepan juga ikut lancar sampai Pemilu 2024," kata Ketua DPC PKB Kabupaten Malang, M Kholiq.

Kholiq mengaku, PKB Kabupaten Malang mendaftar secara serentak ke KPU sesuai dengan instruksi dari DPP. Total ada 50 bacaleg yang didaftarkan, terdiri dari 28 bacaleg pria dan 22 bacaleg perempuan.

"Alhamdulillah unsur perempuan terpenuhi dari 50 orang, 22 perempuan jadi 44 persen. Semua incumbent Alhamdulillah masuk semua di masing-masing dapil, 12 orang, termasuk saya untuk menguatkan. Karena terus terang kami ditarget oleh DPP untuk 16 kursi di Pemilu 2024," jelasnya.

 


(TOM)

Berita Terkait