Kenang Sejarah, Tarung Derajat BHS Cup Digelar di Sidoarjo

Tarung Derajat BHS Cup 2023 siap digelar/ist Tarung Derajat BHS Cup 2023 siap digelar/ist

SIDOARJO: Sebanyak 188 atlet dan offcial tarung derajat dari 19 daerah di Jawa Timur akan bertarung dalam ajang Bambang Haryo Soekartono (BHS) Cup yang digelar di GOR Olahraga Sidoarjo, 10-12 Juli 2023.  

Ketua Harian Pengprov Keluarga Olahraga Tarung Derajat (Kodrat)  Jatim, Erwin H. Poedjono mengatakan, ajang BHS Cup 2023 merupakan agenda rutin tahunan untuk mencari bibi-bibit  atlet baru  yang akan dipersiapkan pada PON 2024 di Aceh.

"Total ada 20 kontingen yang ikut kejuraan BHS Cup tahun ini. Selain 19 Pengcab dari berbagai daerah di Jatim, juga diikuti kontingen Satlasus AL, " ujarnya.

Dari 20 kontingen, Pengcab Kodrat Surabaya mengirim jumlah atlet terbanyak yaitu 19 petarung. Disusul tuan rumah Sidoarjo berjumlah 18 atlet. Kemudian Kediri (16 atlet), Lamongan (15) dan Kota Malang (13)

Selain itu juga dikut kontingen Kota Batu, Mojokerto, Nganjuk, Probolinggo, Pamekasan, Jombang, Jember, Gresik, Bondowoso, Banyuwangi, Tuban dan Kabupaten Blitar.  

BACA: Ratusan Anak Ikut Sunatan Massal di Kejati Jatim, Nggak Sakit Dapat Hadiah

"Kejuraan BHS Cup 2023 siap digelar dan akan dibuka langsung oleh Ketua Umum Kodrat Jatim, Bapak Bambang Haryo, " ujar Erwin.  

Sementara Ketua Pengarah BHS Cup, M. Muhsin mangatakan tahun ini Sidoarjo dipilih menjadi tuan rumah dengan salah satu tujuan untuk tidak melupakan sejarah Tarung Derajat di Indonesia.

"Sidoarjo ini menjadi salah satu saksi sejarah Tarung Derajat. Di sini menjadi awal Tarung Derajat berjuang bersama-sama hingga akhirnya bisa dipertandingan di PON, kenangnya.

Dalam BHS Cup 2023 sebanyak 9 kelas tarung putra dan lima kelas tarung putri akan dipertandingkan. Selain itu juga akan dilombakan nomor seni. Terdiri dari Tunggal Putra/Putri, Getar Putra/Putri, Gharang Putra, Ranger Putri dan Getar Campuran.

 


(TOM)

Berita Terkait