Bikin Bangga, Band Metal Berhijab Indonesia Gelar Tur Eropa

Trio hijaber metal, Voice of Baceprot (VoB) Trio hijaber metal, Voice of Baceprot (VoB)

JAKARTA: Trio hijaber metal, Voice of Baceprot (VoB) akan melakoni tur Eropa. Band asal Garut yang digawangi Widi Rahmawati (bassist), Firda Kurnia (vokalis, gitaris) dan Euis Siti Aisah (drummer) siap membakar pecinta musik cadas di  Belanda, Belgia, Perancis, dan Swiss.  

Tur bertajuk Fight Dream Believe ini berlangsung mulai 28 November 2021 hingga 10 Desember 2021. Tur ini merupakan rangkaian dari promo single terbaru VoB yang bertajuk “God, Allow Me (Please) to Play Music.” Di Perancis, VoB juga akan tampil di festival musik Les Trans Musicales.

"Sudah menjadi mimpi seumur hidup bagi kami untuk tampil di luar negeri, terutama di Eropa. Jadi, memulai di tur ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan bagi kami!" tukas Sitti, drummer VoB, dalam keterangan pers yang diterima Medcom.id, pada Rabu, 27 Oktober 2021.

BACA: "Easy on Me" Single Baru Adele Rajai Tangga Lagu Dunia, Pesan Menyentuh untuk Anak!

Kabar baik ini menyusul kabar membanggakan bahwa VoB akan tampil pada festival musik metal terbesar di dunia, Wacken, pada Agustus 2022. Di festival Wacken, VoB tampil di antara para band besar dunia, yaitu Slipknot, Limp Bizkit, dan Judas Priest.

Secara garis besar, VoB menyuarakan tentang kemanusiaan. Termasuk perihal hak asasi, kesetaraan, dan cita-cita akan kebebasan berekspresi dan berpendapat.

VoB sendiri cukup menarik perhatian dunia. Beberapa kali para musisi dunia merespons aksi musik mereka. Salah satunya pentolan Rage Against The Machine, Tom Morello. Dalam wawancara eksklusif bersama Medcom.id beberapa waktu lalu, Tom terang-terangan memuji VoB.

"Band itu sangat bagus sangat menginspirasi. Itulah spirit rock & roll di mana tidak ada batasan, dalam hal gender, agama, negara, sangat jelas roll & roll adalah bahasa internasional," kata Tom.

Lebih lanjut, Tom memberi pesan pada anak muda yang tengah merintis karier di dunia musik untuk tetap yakin dengan apa yang mereka lakukan. Dalam hal ini, VoB menurut Tom adalah contoh yang tepat.

"Jika ada saran untuk musisi muda itu adalah cukup lakukan yang ingin dilakukan. bermainlah dari hati, industri rekaman sudah beda dari sebelumnya jadi saya pikir satu-satunya ukuran kesuksesan adalah bermain musik yang Anda cintai dan Anda percaya  dan tiga perempuan itu pastinya sangat melakukannya."

Dalam wawancara itu, Tom diberi tahu tentang rencana VoB tampil di ajang festival musik metal terbesar dunia, Wacken Open Air, pada tahun 2022. Menanggapi hal ini, Tom lantas berkelakar bahwa dirinya enggan tampil setelah penampilan VoB jika diundang ke sebuah festival yang sama.

"Wow, luar biasa mereka akan mencuri perhatian di festival itu, saya tidak akan mau bermain sehabis mereka," kata Tom.

 


(TOM)

Berita Terkait