Jembatan Putus Diterjang Banjir Lahar Dingin Semeru, Satu Dusun Terisolasi

Banjir lahar dingin Semeru terjang Lumajang (Foto / Metro TV) Banjir lahar dingin Semeru terjang Lumajang (Foto / Metro TV)

LUMAJANG : Banjir lahar dingin Gunung Semeru kembali menerjang Kabupaten Lumajang, Jumat 12 Agustus 2022 sore. Akibatnya jembatan darurat putus dan menyebabkan warga satu dusun terisolasi. Banjir lahar dingin diakibatkan hujan deras di wilayah puncak Gunung Semeru selama kurang lebih tiga jam.

Pantauan di lapangan, banjir lahar dingin mengalir cukup deras, melalui Besuk Kobokan dan Besuk Lanang yang berhilir ke beberapa sungai. Banjir membawa material endapan pasir dan batu dari Puncak Gunung Semeru. Getaran banjir lahar dingin Gunung Semeru Jumat siang terekam seismograf pos pengamatan gunung api Semeru dengan amplitudo maksimal 30 milimeter.

Akibat banjir lahar hujan ini, sebanyak 125 kepala keluarga atau 470 jiwa, warga Dusun Sumber Langsep, Desa Jugosari Terisolasi. Pasalnya jalan darurat yang menjadi akses mobilitas satu-satunya warga terputus diterjang banjir. Bahkan, sejumlah warga harus tertahan di seberang sungai lantaran terjebak banjir. Mereka tidak bisa menyeberang karena arus banjir begitu deras.

Baca juga : Bapak di Sidoarjo Tega Cabuli Anak Kandungnya

"Banjir cukup deras, sehingga jembatan putus. Ini akses ke Sumber Langsep tidak bisa dilalui," kata salah seorang warga Pujiono.

Sementara itu menurut warga lainnya, Firman, banjir lahar dingin ini merupakan yang terbesar di bulan Agustus. Sebab, banjir menyebabkan akses jalan desa putus. Dia berharap jembatan Jugosari yang jebol sejak bulan januari lalu segera diperbaiki. Sebab, keberadaan jembatan ini sangat vital bagi mobilitas warga.

Informasi yang dihimpun, banjir lahar dingin Gunung Semeru masih berpotensi terjadi, jika hujan kembali mengguyur wilayah puncak Gunung Semeru. Karena itu, warga yang bermukim di sepanjang aliran lahar diimbau selalu waspada dan menjauhi jalur aliran lahar saat hujan turun.

 


(ADI)

Berita Terkait