Unik, Warga Mojokerto Bisa Bayar PBB Pakai Sampah

Aplikasi Bajak Sambal Terasi untuk pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB) di Kota Mojokerto (ANTARA/ HO Pemkot Mojokerto) Aplikasi Bajak Sambal Terasi untuk pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB) di Kota Mojokerto (ANTARA/ HO Pemkot Mojokerto)

Clicks: Masyarakat Mojokerto kini bisa membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dengan menggunakan sampah. Nantinya masyarakat dapat membayar melalui aplikasi bernama 'Bajak Sambal Terasi' yang dapat diakses oleh anggota bank sampah.

Kepala Bidang Pendapatan Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan, dan Aset Daerah (BPKPD) Kota Mojokerto, Endra Antariksa mengatakan inovasi ini bertujuan memudahkan masyarakat dalam melakukan kewajiban membayar PBB.

"Bajak Sambal Terasi merupakan aplikasi pembayaran PBB menggunakan sampah yang langsung terintegrasi data Sistem Informasi Manajemen Objek Pajak (SISMIOP) BPKPD Kota Mojokerto atas pembayaran di bank sampah yang sudah tervalidasi dan lunas," kata Endra dikutip dari Antara Jatim, Rabu, 20 Juli 2022.

Endra mengatakan masyarakat juga bisa melihat dan memantau transparansi data pembayaran pajak lewat aplikasi tersebut, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat.

Endra juga menyampaikan bahwa pada 2022 Pemkot Mojokerto kembali mengadakan undian berhadiah tiket umrah gratis bagi masyarakat yang taat membayar PBB melalui bank sampah.

"Atas pembayaran menggunakan bank sampah kami juga memberikan hadiah berupa tiket umrah bersama dengan tiga kecamatan, yakni Kecamatan Magersari, Kecamatan Kranggan, dan Kecamatan Prajuritkulon."


(SUR)

Berita Terkait