Tertimbun Longsor, 3 Petani Pasuruan Tewas

Petugas dibantu warga saat mengevakuasi  korban tertimbun longsor (Foto / Istimewa) Petugas dibantu warga saat mengevakuasi korban tertimbun longsor (Foto / Istimewa)

PASURUAN : Hujan lebat yang mengguyur Kecamatan Puspo Kabupaten Pasuruan pada Jumat 28 April 2023 mengakibatkan tanah longsor. Dalam kejadian ini ada tiga orang meninggal. Mereka tertimbun tanah longsor tersebut.

Ketiga korban adalah Ngatimun, Ravianto dan Agus Kuprit. Ketiganya merupakan warga Desa Keduwung, Kecamatan Puspo, Kabupaten Pasuruan. “Longsornya terjadi pada Jumat sekitar pukul 15.00 WIB. Saat kejadian, ketiga orang tersebut sedang berladang. Mereka mencangkul lahan kentang yang disewanya,” kata Camat Puspo Eddy Santoso, Sabtu 29 April 2023.

Eddy menjelaskan bahwa tanah yang longsor merupakan lahan milik perhutani KRPH Cukurguling BKPH Tosari Dusun Keduwung, Desa Keduwung, Kecamatan Puspo Kabupaten Pasuruan. Lahan tersebut sudah dikontrak oleh warga untuk lahan pertanian kentang.

Dari data yang diperoleh longsor yang terjadi di Kecamatan Puspo memiliki lebar sekitar 7 meter dan ketinggian 100 meter. Sedangkan untuk kemiringan sekitar 70 derajat. Jarak tanah longsor yang terjadi dengan pemukiman warga berjarak sekitar 8 kilometer.

baca juga : Kunjungan ke Kota Batu Naik saat Libur Lebaran, Pendapatan Capai Rp3,2 Miliar dalam Sepekan

“Materialnya tak sampai ke rumah warga, jaraknya cukup jauh,” imbuh Eddy.

Sampai saat ini petugas BPBD Kabupaten Pasuruan masih melakukan pembersihan material longsor yang menyebabkan tiga korban jiwa tersebut.


(ADI)

Berita Terkait