Cari Atlet PON, Tarung Derajat Jatim Gelar BHS Cup

Ketua Harian Pengprov Kodrat Jatim, Erwin H Poedjono/clicks.id Ketua Harian Pengprov Kodrat Jatim, Erwin H Poedjono/clicks.id

SURABAYA: Pengprov Keluarga Olahraga Tarung Derajat (Kodrat) Jatim untuk mempersiapkan diri lebih matang sebelum turun di PON Aceh-Sumut pada 2024 mendatang. Salah satunya dengan menggelar kejuaran daerah bertajuk "Bambang Haryo Soekartono (BHS) Cup II" di Sidoarjo,pada 23-25 Juni 2023

Ketua Pengprov Kodrat Jatim, Bambang Haryo Soekartono mengatakan, selain persiapan PON, ajang ini sengaja digelar sebelum Porprov Jatim VIII yang rencananya akan digulirkan pada 12-16 September 2023.

"Tujuannya agar para atlet Tarung Derajat Jatim terbiasa bertanding dan mempersiapkan diri sebelum terjun di Porprov mendatang, " ujarnya.  

Sampai saat ini, total ada 20 kabupaten/kota dari 26 Pengkab/Pengkot Kodrat se-Jatim yang sudah menyatakan siap terjun di BHS Cup.

BACA: Dikecam, Olahraga di Lapangan KONI Jatim Kok Bayar!

“Saya harap ajang ini bisa dioptimalkan oleh kabupaten/kota dan atlet sebelum terjun di Porprov. Muaranya nanti agar mereka siap bertarung di PON Aceh-Sumut,” ujar Bambang Haryo Soekartono, Ketua Pengprov Kodrat Jatim.

Wajar bila BHS berharap atlet Kodrat Jatim lebih serius dan gigih dalam berlatih, terutama atlet-atlet muda untuk kebutuhan regenerasi. Sebab, Kodrat Jatim gagal total pada PON XX Papua 2020 lalu. Dari target dua medali emas, sebanyak enam atlet yang diturunkan di ajang multievent empat tahunan itu hanya meraih satu perunggu.

Capaian itu meleset dari target yang dicanangkan sebelumnya, di mana Kodray Jatim menargetkan meraih dua medali emas. Target itu sendiri lebih tinggi dibanding raihan mereka pada PON XIX Jabar 2016 lalu. Saat itu Kodrat Jatim meraih 1 medali emas, 3 perak, dan 4 perunggu.

Sementara itu, Ketua Harian Pengprov Kodrat Jatim, Erwin H Poedjono mengatakan, setelah BHS Cup, akan digelar Kejuaraan Antar Mahasiswa Piala Rektor Universitas Brawijaya pada 21-23 Juli 2023 di Malang.  

“Ada tiga ajang bagi kita untuk mencari tambahan atlet PON. Setelah BHS Cup ada Piala Rektor Unibra dan  Porprov. Ini akan menjadi selaksi bagi atlet yang akan dipilih untuk mengisi kuota kelas Pra PON, selain delapan atlet yang sekarang sudah disiapkan,” paparnya.


(TOM)

Berita Terkait