Mengerikan, 4 Rentetan Kecelakaan Maut yang Terjadi di Tol Sumo

Kondisi bus yang hancur setelah menabrak tiang  VMS (Variable Message Sign)  (Foto/ Metro TV) Kondisi bus yang hancur setelah menabrak tiang VMS (Variable Message Sign) (Foto/ Metro TV)

SURABAYA : Jalan Tol Surabaya-Mojokerto (Sumo), Kabupaten Mojokerto kembali memakan korban jiwa. Bus pariwisata berpenumpang 30 orang menabrak tiang VMS hingga nyaris hancur, Senin 16 Mei 2022. Kecelakaan bus pariwisata PO Ardiansyah di KM 712 +400 itu mengakibatkan 14 orang tewas dan 19 luka-luka. Kejadian itu menambah panjang daftar panjang kecelakaan di Tol Sumo tersebut.

Petugas Lalu Lintas Polresta Mojokerto, AKP Heru mengatakan, rombongan bus sedang melakukan perjalanan jauh dari Yogyakarta menuju Surabaya. Kondisi tersebut diduga menyebabkan pengemudi kelelahan dan mengantuk sehingga terjadi kecelakaan.

"Kemungkinan sopir mengantuk. Tetapi ini masih diselidiki. Kondisi sopir luka berat, belum bisa dimintai keterangan," ujarnya.

Berikut rentetan kecelakaan maut di Tol Sumo Mojokerto:

1. Bus Rombongan Wisata Tabrak Tiang, 14 Tewas

Kecelakaan maut bus pariwisata terjadi di Tol Surabaya-Mojokerto (Sumo) KM 712-200, Senin 16 Mei 2022. Bus berpenumpang 30 orang dari Kecamatan Benowo, Surabaya itu menabrak tiang VMS hingga nyaris hancur. Total korban tewas dalam kecelakaan tunggal itu sebanyak 14 orang. Sedangkan belasan lainnya luka-luka dan harus dirawat di rumah sakit.

Baca juga : Korban Tewas Kecelakaan Maut di Tol Sumo Dapat Santunan Rp50 juta

2. Mobil Vanessa Angel Tabrak Pembatas Jalan

Kecelakaan maut menimpa artis Vanessa Angel di ruas tol Sumo jalur A KM 672.300, pada Kamis siang 4 November 2021 sekitar pukul 12.36 WIB. Mobil Pajero sport dengan nopol B 1264 BU yang dikemudikan sang sopir menabrak pembatas jalan sebelah kiri tol. Kecelakaan itu menewaskan artis Vanessa Angel dan suaminya Febri Ardiansyah.

3. Mobil Kapolres Tulungagung Tabrak Truk

Kecelakaan maut terjadi dialami Kapolres Tulungagung AKBP Tofik Sukendar. Mobil yang ditumpanginya menabrak truk saat menyalip dari sisi kanan, tepatnya di KM 716+600 jalur B di Desa Sidorejo, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto. Kecelakaan yang terjadi pada 2018 lalu itu membuat mobil Toyota Land Cruiser Nopol AG 908 RS rusak parah.

Istri AKBP Tofik Sukendar dan ajudannya bernama Bripda Lutfi tewas seketika di lokasi. Sementara Tofik mengalami luka parah hingga dilarikan ke rumah sakit.

4. Bus Kramat Djati Tabrak Pembatas Jalan

Kecelakaan serupa juga pernah terjadi di ruas Jalan Tol Surabaya-Mojokerto yang melibatkan bus AKAP PO Kramat Djati pada Rabu dini hari 27 November 2019. Kecelakaan terjadi di KM 718.600 Jalur A tepatnya masuk Desa Kepuhklagen, Kecamatan Wringinanom, Kabupaten Gresik.

Akibat kecelakaan ini tiga orang penumpang dinyatakan tewas seketika di lokasi akibat bus terjun keluar tol setelah sebelumnya sempat menghantam pembatas jalan. Polisi menetapkan sopir bus maut ini sebagai tersangka karena mengemudi dalam keadaan mengantuk.

 


(ADI)

Berita Terkait