Kisah Inspiratif Awardee Beasiswa OSC dari Sumut yang Berkuliah ke Jatim

Penerima beasiswa OSC Medcom.id 2023, Healthy Dear Siburian, terbaik di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS). Medcom.id/Ilham Pratama Putra Penerima beasiswa OSC Medcom.id 2023, Healthy Dear Siburian, terbaik di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS). Medcom.id/Ilham Pratama Putra

Jakarta: Healty Dear Siburian,siswa dari SMAN 1 Paranginan, Sumatra Utara, menjadi salah satu dari 322 siswa yang berhasil lolos kompetisi Beasiswa OSC (Online Scholarship Competition) Medcom.id 2023. Penerima beasiswa ini akan berkuliah di 21 kampus mitra OSC Medcom.id tersebar se-Indonesia.

Setiap kampus menghadapi ribuan pelamar pada seleksi tahun ini. Namun, hanya 20 pendaftar rata-rata yang dinyatakan berhasil lolos di setiap kampus. Penerima beasiswa OSC Medcom.id terbaik dari setiap kampus merupakan pelamar dengan nilai seleksi tertinggi.

Salah satunya, penerima beasiswa terbaik di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) Healty Dear Siburian. 

Healty mengungkapkan bahwa ia mengetahui tentang beasiswa OSC Medcom.id dari kakak kelasnya, yang juga meraih beasiswa tersebut. Sejak kelas 11, Healty aktif mencari informasi dan mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi beasiswa tersebut.

"Aku juga minta bantu dibimbing, apa saja yang dipersiapkan. Jadi, aku mencoba mempersiapkan diri sudah satu tahun,"  kata Healty di Lobby Utama Metro TV, Jakarta, Senin, 11 Desember 2023.

Pada Agustus 2023, Healty mendaftar beasiswa OSC Medcom.id. Ia harus melewati tiga tahapan seleksi diantaranya tes online, seleksi berkas, dan final tes. Meskipun menghadapi soal-soal sulit, terutama yang berkaitan dengan high order thinking skills (HOTS), Healty mempersiapkan diri dengan serius.

Selama perjuangannya, Healty merasa didukung oleh orang tua yang selalu mendampinginya. Bahkan, pada saat pengumuman tahapan seleksi, ia merayakan keberhasilannya bersama orang tua.

Saat ini, Healty menempuh pendidikan Keperawatan di UKWMS. Ia meyakini beasiswa OSC Medcom.id telah membuka jalannya menuju impian masa depannya sebagai perawat. Ia mengakui bahwa kampus ini sesuai dengan cita-citanya, dan ia yakin dapat meraih kesuksesan melalui pendidikan di sana.

Sebelum berangkat merantau, Healty mengaku menerima banyak pesan bijak dari orang tuanya, termasuk untuk tetap fokus dalam studi ketika jauh dari keluarga. Pesan-pesan ini menjadi panduan bagi Healty dalam mengarungi perjalanan studinya.


(SUR)

Berita Terkait