Ratusan Santri di Jombang Mudik Lebih Awal

Antrian para santri di Stasiun Kereta Api Jombang/metrotv Antrian para santri di Stasiun Kereta Api Jombang/metrotv

JOMBANG: Ratusan santri dari sejumlah pondok pesantren di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, mulai memilih mudik lebih awal. Mereka  pulang ke kampung halaman lebih dulu karena takut tidak bisa berangkat jika sudah mendekati musim libur lebaran.

Mudik lebih awal yang dilakukan para santri ini, memakai  transportasi kerata api. Tampak ratusan santri dari sejumlah pondok pesantren  terus memadati sudut-sudut Stasiun Besar Kereta Api Jombang di Jalan Basuki Rahmad, Sabtu 8 April 2023.  

Para santri ini pulang kampung ke berbagai daerah. Mulai Jakarta, Bandung, Jogja dan Semarang, hingga beberapa daerah di Jawa Timur.

"Sengaja mudik awal untuk mengantisipasi melonjaknya kendaraan di jalanan dan khawatir habis tiket kereta apinya jika dekat lebaran, " ujar Erlina Putri, santri asal Pondok Pesantren Tebuireng

BACA: Pemudik asal Sidoarjo Jadi Korban Pencurian saat Tertidur di Mobil

Sementara Wakil Kepala Stasiun Jombang, Tomi mengatakan, sejak tiga hari terkahir, memang ada peningkatan jumlah penumpang sebesar 70 persen.

"Rata-rata jumlah bertambah 500 hingga 800 an penumpang dalam setiap harinya, " ujarnya.   

Sementara untuk tiket kereta api yang jarak jauh seperti Jakarta dan sekitarnya, saat ini sudah ludes terjual. Sedangkan kereta api lokal masih tersedia, meskipun penumpang terpaksa harus berdiri.


(TOM)

Berita Terkait