Hangatkan Kambing, 3 Rumah di Lamongan Terbakar

Petugas Damkar memandamkan api/ist Petugas Damkar memandamkan api/ist


LAMONGAN: Tiga rumah warga di Desa Prijek Ngablak, Kecamatan Karanggeneng, Lamongan terbakar, Kamis malam, 16 Maret 2023. Pemicu kebakaran diduga akibat percikan api bediang atau  penghangat ternak.

Kejadian berawal sekitar pukul 18.00 WIB, saat Pateni, 61 tahun membakar  kotoran hewan dicampur belerang untuk bediang atau penghangat kambing. Pembuatan bediang ini biasa dilakukan pemelihara ternak di pedesaan, sekaligus untuk mengusir nyamuk. Utamanya pada musim penghujan seperti sekarang ini.

Setelah bediang menyala, ditinggal Pateni masuk ke ruang tamu untuk tidur- tiduran. Tanpa diduga api bediang membesar dan percikannya menyambar benda atau barang di sekitarnya hingga menimbulkan kebakaran.

"Orang yang pertama kali mengetahui kalau ada yang terbakar Pak Adrnan suami dari Pateni. Awalnya dia mencium bau seperti ada yang terbakar. Begitu keluar rumah, justru melihat rumahnya yang terbakar," kata Kanit Reskrim Polsek Karanggeneng, Ipda Sofian Ali.

BACA: Kejamnya Ibu di Sidoarjo, Anak Kandung Disetrika dan Dipukul Gagang Sapu

Spontan Adenan berteriak dan seketika berdatangan untuk melakukan pemadaman dengan peralatan seadanya. Rumah Adenan ludes, sedangkan dua rumah di sisi kanan kiri hanya terbakar sebagian.

Petugas polsek juga sudah menginformasikan kepada PMK Lamongan. Akhirnya datang dua unit mobil Damkar Korwil Paciran dan satu mobil Damkar Lamongan. Api  segera dipadamkan dan tuntas pada pukul 21.00 WIB. Tidak ada korban jiwa, namun kerugian materiil ditaksir mencapai Rp 100 juta lebih.


(TOM)

Berita Terkait