5 Daftar Pekerjaan Paling Berbahaya di Indonesia, Salah Perhitungan Nyawa Jadi Taruhan

Pembersih kaca gedung pencakar langit merupakan satu di antara pekerjaan yang paling berbahaya di Indonesia (Foto / Istimewa) Pembersih kaca gedung pencakar langit merupakan satu di antara pekerjaan yang paling berbahaya di Indonesia (Foto / Istimewa)

SURABAYA : Setiap pekerjaan memiliki resiko. Namun bagaimana jika resiko tersebut adalah nyawa. Tentu hal ini tak dapat disepelekan.  Namun ada beberapa orang yang rela menjalani daftar pekerjaan paling berbahaya di Indonesia demi sesuap nasi untuk keluarga.

Berikut daftar 5 pekerjaan paling berbahaya di Indonesia

1. Pembersih kaca gedung bertingkat

Pekerjaan ini membutuhkan keberanian dan nyali yang besar. Sebab, Anda harus rela bergantungan yang jaraknya ratusan meter dari tanah, dengan risiko besar terjatuh dari ketinggian. Di tambah lagi jika cuaca pada hari itu sedang tidak bersahabat, gondola yang Anda naiki bisa saja goyang secara tiba-tiba. Pekerjaan ini sangat tidak direkomendasikan untuk Anda yang fobia dengan ketinggian.

2. Pekerja konstruksi

Profesi ini sangat mengutamakan keselamatan dan kesehatan kerja. Pekerjaan ini akan terus berkutat dengan alat berat, mesin, bahan-bahan bangunan, dan material lainnya. Oleh karena itu, mereka selalu menggunakan helm dan pakaian khusus ketika bekerja demi menunjang keselamatan mereka.

3. Pekerja tambang

Pekerja tambang masuk dalam daftar pekerjaan paling berbahaya di Indonesia. Pekerjaan ini dilakukan di dalam gua dengan kadar oksigen yang tentunya berbeda dengan permukaan luar. Selain itu, para pekerja juga berisiko terkena penyakit silikosis lantaran sering terekspos dengan debu silika setiap harinya.

4. Pembersih sampah

Pembersih sampah juga menjadi salah satu pekerjaan paling berbahaya di Indonesia. Bagaimana tidak, pekerjaan ini memiliki risiko tinggi terpapar virus serta bakteri dari kotoran sampah yang bisa mengancam kesehatan mereka. Kerap dipandang rendah, bau, kotor, dan menjijikan, pekerjaan ini seharusnya tidak boleh diremehkan.

5. Nelayan

Pekerjaan nelayan memiliki risiko besar saat melakukan pelayaran untuk mengumpulkan ikan di laut. Sebab, kondisi cuaca yang buruk akan berdampak buruk juga dalam pekerjaan ini. Mereka bisa saja tenggelam bahkan terancam kehilangan nyawa mereka.

 


(ADI)

Berita Terkait