Lokasi Terjal, Pemadaman Karhutla di Lereng Gunung Orak-arik Dilakukan Manual

Petugas gabungan dan relawan bahu-membahu mencoba memadamkan kobaran api yang terus merembet di kawasan lereng Gunung Orak-arik, Trenggalek (ANTARA/HO - BPBD Trenggalek) Petugas gabungan dan relawan bahu-membahu mencoba memadamkan kobaran api yang terus merembet di kawasan lereng Gunung Orak-arik, Trenggalek (ANTARA/HO - BPBD Trenggalek)

Trenggalek: Petugas gabungan dari  Perhutani, BPBD, Damkar, Satpol PP, serta TNI/Polri dan relawan warga bekerja sama memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di kawasan lereng Gunung Orak-arik, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, pada Kamis, 28 September 2023. 

"Proses pemadaman terpaksa dilakukan secara manual karena lokasi sulit dijangkau oleh mobil pemadam," kata Wakil Administratur Perhutani Kediri Selatan Munawar Sukowati, dikutip dari Antara, Jumat, 29 September 2023.

Kasi Humas Polres Trenggalek Iptu Suswanto menjelaskan kebakaran terjadi pukul 15.00 WIB dan api berhasil dipadamkan sekitar pukul 20.30 WIB. Luas lahan yang terbakar diperkirakan kurang lebih satu hektare. 

"Luas lahan yang terbakar berkisar kurang lebih satu hektare. Di atas lahan ada tanaman akasia dan sengon buto. Namun yang terbakar adalah semak dan ilalang," kata Suswanto.

Tidak ada korban jiwa maupun harta benda, namun rambatan api yang membakar ilalang dan tanaman di lereng Gunung Orak-arik membuat warga dan petugas panik. Belum diketahui pasti penyebab kebakaran ini. Petugas saat ini masih berupaya memadamkan api agar tidak merembet ke kawasan pemukiman.


(SUR)

Berita Terkait