Komunitas Mobil Jangan Arogan di Jalan Tol, Perhatikan 4 Hal Dasar Ini

Puluhan konvoi mobil mewah ditertibkan di Jalan tol (Foto / Istimewa) Puluhan konvoi mobil mewah ditertibkan di Jalan tol (Foto / Istimewa)

SURABAYA : Polisi menertibkan konvoi mobil mewah di ruas Jalan Tol Andara KM 02.400 karena mengganggu pengguna jalan lain, Minggu, 23 Januari 2022. Peristiwa itu pun viral dan menjadi perbicangan publik setelah diposting akun resmi TMC Polda Metro Jaya. Praktisi Road Safety dari Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, saat komunitas berkumpul apalagi dengan kendaraan mewah secara psikologis biasanya ada rasa eksklusivitas, sehingga menimbulkan arogansi di jalan.

"Bentuk hal negatif ini dapat dieliminir dengan adanya leader yang memiliki pemahaman, mengedukasi dan mengingatkan komunitas untuk bersikap empati di jalan," ujarnya.

Jusri menjelaskan, secara teknis ada empat hal yang harus diperhatikan komunitas saat berkendara di jalan tol. Pertama adalah terampil. "Terampil di sini bukan berarti harus jago atraksi. Pengendara harus memiliki kompetensi berkendara di jalan raya. Salah satunya dengan lulus surat izin mengemudi (SIM) dan bagaimana mengendalikan kendaraan dengan benar di jalan umum," katanya.

Kedua, tertib. Pengendara harus tertib dalam berlalu lintas dengan mengikuti aturan dan rambu-rambu di jalan. "Jika tidak tertib akan menimbulkan priksi di jalan. Faktanya banyak kecelakaan terjadi barawal dari pelanggaran lalu lintas," ujar Jusri.

Baca Juga : Segera Diproduksi, Mobil Terbang Aircar Lolos Uji Udara

Ketiga, antispasi. Ini menyangkut bagaimana mengantisipasi kondisi jalan, cuaca, insfrastruktur, serta kesalahan orang lain yang dapat menimbulkan kecelakaan di jalan. "Hujan deras, tumpahan oli, atau orang yang sembrono melanggar lalu lintas itu bisa terjadi di jalan. Ingat jalan raya bukan tempat aman. Kita harus selalu waspada, jika tidak antisipasi bisa mengalami kecalakaan," teragnya.

Keempat, empati (berbagi) di jalan raya. "Ini dasar paling penting bagaimana kita bersikap dan bertindak di ruang publik. Jangan sampai sikap kita di rombongan tidak mengindahkan pihak lain di jalan," ujar Jusri.

Sebelumnya, Instagram TMC Polda Metro mengunggah penindakan pengendara mobil sport mewah yang menutupi seluruh ruas tol. Hal itu membuat pengendara lain yang berada di belakang terhambat mengantre dari belakang. Petugas pun menghentikan dan memeriksa rombongan mobil tersebut.

 


(ADI)

Berita Terkait