Satpol PP Edukasi Siswa untuk Cegah Tawuran

Petugas Satpol PP perempuan melakukan edukasi kepada para pelajar dalam Program Sahabat Satpol PP di salah satu sekolah di Kota Surabaya. ANTARA/HO-Diskominfo Surabaya Petugas Satpol PP perempuan melakukan edukasi kepada para pelajar dalam Program Sahabat Satpol PP di salah satu sekolah di Kota Surabaya. ANTARA/HO-Diskominfo Surabaya

Program Sahabat Satpol PP Goes to School digalakkan ke pelajar-pelajar di SMP dan SMA. Program edukasi ini untuk merespons tawuran antara remaja yang mulai terjadi di Kota Surabaya.

“Program ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada para pelajar, khususnya dalam upaya perlindungan terhadap anak sekaligus menciptakan ketentraman dan ketertiban di Kota Pahlawan,” kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Surabaya, Eddy Christijanto, dikutip dari Antara, Senin, 26 September 2022.

Ia menerangkan bahwa jajaran Satpol PP Surabaya terjun langsung ke setiap sekolah guna memberikan sosialisasi kepada para siswa. Sosialisasi tersebut berkaitan dengan kegiatan negatif yang bisa berpotensi melanggar hukum.

“Kami menyampaikan sosialisasi terkait dengan pemahaman mereka terhadap peraturan. Kami sampaikan dengan cara yang fun and games karena tujuannya supaya mereka paham,” katanya.

Tidak hanya menggalakkan program itu, pihaknya pun rutin mengadakan patroli gabungan guna mencegah terjadinya tawuran.

Patroli itu diikuti mulai dari instansi terkait hingga jajaran samping, antara lain Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), TNI, Polri, Dinas Perhubungan, dan Dinas Sosial. Patroli gabungan tersebut diikuti sekitar 20 orang lebih personel.

Eddy menuturkan bahwa pihaknya sudah memetakan titik-titik wilayah yang berpotensi menjadi tempat pelajar atau remaja tawuran, yaitu Jalan Indrapura, Dupak, Tanjung Sari, Banyu Urip, Kedungdoro, Diponegoro, Wonorejo, Kenjeran, Kedung Cowek, Pogot, Wonokusumo, Kaliondo, Kapasan, dan Undaan.


(SUR)

Berita Terkait