Kuta Bali Diguncang Gempa 5.8 Magnitudo, Terasa Hingga Jember

Ilustrasi Ilustrasi

KUTA: Gempa bumi dengan magnitudo 5.8 mengguncang kawasan Kuta Selatan, Bali pada Senin, 21 Agustus 2022, sekitar pukul 15.36 WIB. Guncangan gempa dirasakan di Jawa Timur hingga Nusa Tenggara Barat.

Episentrum gempa berada di 74 kilometer kilometer tenggara Kuta Selatan, Bali, lokasi berada di 9.36 derajat Lintang Selatan dan 115.59 derajat Bujur Timur dengan kedalaman 124 kilometer.

Gempa ini dirasakan dengan skala Modified Mercally Intensity (MMI) IV di wilayah Kota Mataram,Lombok Barat, Lombok Tengah, Badung, Denpasar, dan Klungkung.

BACA: 230 Bangunan SD dan SMP Negeri di Ngawi Rusak

Dirasakan skala MMI III di wilayah Kabupaten Buleleng, Karangasem, Gianyar, Lombok Utara, Lombok Timur, Sumbawa, Sumbawa Barat, Bima, Tabanan, Dompu, dan skala MMI II di Kabupaten Jember.

"Sangat terasa. Kebetulan saya lagi berdiri di ruangan ini terasa," kata Sekretaris BPBD Kabupaten Jember, Heru Widagdo, saat dikonfirmasi Medcom.id, Senin, 22 Agustus 2022.
 
Heru menerangkan, ada satu kecamatan di Jember yang dilaporkan cukup merasakan getaran gempa tersebut, yakni Kecamatan Silo. Selain itu, gempa ini juga dilaporkan terasa hingga kawasan Rembangan, atau sebelah Utara Jember.

 


(TOM)

Berita Terkait