Surabaya Great Expo 2022 Fokus untuk Menggerakkan UMKM

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan Kota Surabaya Fauzie Mustaqiem Yos (ANTARA/HO-Diskominfo Surabaya) Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan Kota Surabaya Fauzie Mustaqiem Yos (ANTARA/HO-Diskominfo Surabaya)

Clicks: Sebanyak 144 pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) mengikuti pameran nasional Surabaya Great Expo 2022. Pameran ini digelar dalam rangka HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kota Pahlawan, Jawa Timur, pada 24-28 Agustus 2022.

“Saat ini sudah ada 80 persen yang mendaftar,” kata Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan Kota Surabaya, Fauzie Mustaqiem Yos, dikutip dari Antaranews.com, Kamis, 11 Agustus 2022.

Fauzie berpendapat bahwa pameran tersebut bertujuan untuk menarik para buyer traders dan investor dalam upaya memperluas jaringan pasar nasional dan global. “Pameran ini juga merupakan ajang untuk promosi hiburan, belanja dan rekreasi bagi keluar serta semua lapisan masyarakat,” kata Fauzie.

Dia juga menegaskan produk yang dipamerkan UMKM sangat beragam, mulai dari fashion craft, produk perbankan, peralatan rumah tangga, makanan, produk daring dan medical tourism. Sementara itu, pesertanya juga berasal dari berbagai instansi dan lembaga.

“Selama lima hari acara, setiap harinya banyak acara yang digelar, jadi tiada hari tanpa acara selama pameran,” katanya.

Maka dari itu, Fauzie berharap Surabaya Great Expo 2022 dapat berdampak positif terhadap kegiatan ekonomi maupun pariwisata di Kota Surabaya. Juga, dapat menginspirasi pihak lain guna menciptakan kegiatan yang sejenis. Dengan semangat perjuangan dan gotong royong untuk bangkit bersama bisa terus berlanjut memberikan manfaat bagi masyarakat Kota Surabaya.

Sebelumnya, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengharapkan target 25.000 pengunjung yang hadir di Surabaya Great Expo 2022 dapat semakin menggerakkan ekonomi Surabaya.

“Nanti akan ada sekitar 2 ribuan produk UMKM yang dipasarkan,” ujar Eri Cahyadi.

Eri menerangkan bahwa Pemkot Surabaya bekerja sama dengan PT Debindo dalam mengadakan pameran tingkat nasional ini. Pameran yang ke-11 kalinya ini akan menggandeng banyak daerah untuk turut hadir di pameran ini. Dalam pameran ini, Pemkot Surabaya akan memasarkan produk UMKM-nya.

Menurutnya, perbedaan yang paling mendasar dari pelaksanaan Surabaya Great Expo sebelumnya adalah kegiatan kali ini sangat berfokus untuk menggerakkan UMKM. Sehingga tema yang diangkat tahun ini adalah “UMKM Kuat Surabaya Hebat”.

“Produk-produk UMKM yang dipasarkan di pameran ini sudah dikurasi. Jadi, yang kami jual tentu produk-produk UMKM unggulan Kota Surabaya,” kata Eri.

 

BACA: Calon Anggota HIMMARFI Gelar Pameran Foto Bertema "Surabaya Ku"


(SUR)

Berita Terkait