Libur Lebaran, Gubernur Khofifah Minta Pengelola Tempat Wisata Cek Kondisi Wahana

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat mengecek wahana di Kenjeran Park, Surabaya (Foto / Istimewa) Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat mengecek wahana di Kenjeran Park, Surabaya (Foto / Istimewa)

SURABAYA : Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa meminta pengelola tempat wisata mengecek kondisi wahana sebelum difungsikan. Hal ini untuk memastikan seluruh wahana di tempat wisata aman untuk pengunjung. Imbauan Khofifah ini disampaikan melalui Surat Edaran (SE) kepada seluruh pengelola tempat wisata di Jatim.

“Karena libur Lebaran nanti wahana wisata akan dipadati pengunjung. Pastikan wahana wisatanya aman. Monitoring keamanan serta kenyamanan harus dilakukan secara komprehensif,” katanya, Jumat 21 April 2023.

Khofifah sendiri mengajak warga untuk berwisata di Jatim selama periode libur lebaran 2023. Menurutnya, Jatim memiliki banyak destinasi wisata eksotik, kekinian dan instagramable. "Pilihan wisata di Jatim lengkap, mulai dari wisata alam, wisata hits kekinian, budaya, sejarah, sampai kuliner yang tidak ada duanya. Jadi, ayo ke Jawa Timur," katanya.

Menurut Khofifah, Jatim sangat tepat dijadikan tempat menghabiskan libur lebaran bersama keluarga. Sedikitnya Jatim memiliki 1.368 daya tarik wisata, yang terdiri dari 475 wisata alam, 550 wisata buatan, dan 343 wisata budaya.

baca juga : Mobil Angkut 18 Pemudik Terguling di Jombang, 4 Penumpang Luka

Tidak hanya itu, kata dia, Jatim juga memiliki potensi destinasi 596 desa wisata yang siap menyambut pemudik untuk berlibur. Ditambah fasilitas sarana sebanyak 1.576 hotel, 7.889 rumah makan atau resto, 1.743 homestay dan 1.792 biro perjalanan wisata.

Berdasarkan data Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jatim tahun 2022, terdapat top 10 kunjungan wisatawan saat libur Lebaran diantaranya Telaga Sarangan Magetan, Kebun Binatang Surabaya, Pantai Balekambang Malang, Go Fun Bojonegoro, Pantai Boom Banyuwangi, Pantai Klayar Pacitan, Taman Safari Pasuruan, Pantai Gemah Tulungagung, Pantai Watu Ulo Jember dan Jatim Park II Batu.

"Ini adalah favoritnya wisatawan nusantara," ujarnya.


(ADI)

Berita Terkait