Jalur Erek-Erek Kawah Ijen Banyuwangi Tertimbun Longsor

Timbunan longsor menutup jalan menuju Kawah Ijen di kawasan Erek-Erek Banyuwangi/metrotv Timbunan longsor menutup jalan menuju Kawah Ijen di kawasan Erek-Erek Banyuwangi/metrotv

BANYUWANGI: Longsor akibat guyuran hujan deras menutup akses jalan menuju Gunung Ijen, tepatnya di kawasan erek- erek, Banyuwangi, Jawa Timur, Senin sore, 27 Juni 2022.   

Kepala Pos TWA Kawah Ijen Sigit Hariwibowo mengatakan, longsoran tepatnya di kawasan erek- erek terjadi sekitar pukul 15.00 WIB.

"Longsoran kecil terjadi sejak pukul 08.00 WIB dan pada pukul 15.00 WIB longsoran besar terjadi hingga menimbun jalan menuju kawah Ijen tepatnya di kawasan erek- erek,” ujarnya.

Longsor terjadi diduga akibat kawasan Gunung ijen hujan selama tiga hari dengan intensitas sedang hingga lebat. Sehingga tebing di kawasan erek- erek tidak mampu menyerap air. Meski demikian tidak ada korban jiwa atas peristiwa ini.

BACA: Gelombang Ganas, ABK Tewas Tersiram Air Panas

Untuk membuka akses jalan, tim reaksi cepat dari BPBD dan Dinas Pekerjaan Umum Banyuwangi  menuju lokasi longsor untuk membersihkan matrial longsoran dari badan jalan.

“Tim dari BPBD dan Dinas Pekerjaan Umum Banyuwangi telah menuju kawasan erek- erek untuk membersihkan longsoran tanah dari badan jalan, agar bisa dilewati Kembali,”papar Sigit

Sigit menghimbau, bagi masyarakat atau wisatawan yang hendak menuju kawah Ijen dari arah Banyuwangi  untuk sementara waktu bisa melalui jalur dari kawasan Bondowoso.

"Akibat longsoran tanah ini jalur menuju kawah Ijen dari Banyuwangi tertutup total, " ucapnya.


(TOM)

Berita Terkait