Viral Polisi Minta Jatah Durian, Ini 5 Jenis 5 Durian Terenak di Indonesia

Durian Montong (ist) Durian Montong (ist)

JAKARTA: Video oknum polisi yang meminta durian kepada sopir truk viral di media sosial. Video tersebut diunggah akun Twitter @penikmatko_pi pada Sabtu, 27 November 2021.

Perekam yang diduga merupakan sopir truk merekam kejadian lewat kaca spion truk. Ia mengatakan kalau oknum tersebut meminta durian sebagai ganti sanksi tilang.

"Posisi bawa durian habis dimintain, enggak ditilang, enggak diapain," ucap si sopir sambil terus merekam secara diam-diam.

Meski mendapat kecaman dari netizen, namun kejadian ini turut meramaikan momen musim durian di penghujung tahun.

Di Indonesia, buah musiman ini selalu diburu oleh semua kalangan karena memang cita rasa kenikmatan durian yang khas.

BACA: Lolos Pemeriksaan di Bandara, Dua Kurir Simpan Sabu 1 Kg di Paha

Selain dimakan, buah durian juga kerap disajikan dalam bentuk minuman hingga menu olahan penutup mulut.

Dirangkum dari beberapa sumber, setidaknya ada 5 jenis durian terenak dan paling dicari di Indoensia.

1. Durian Montong

Bagi kalian pencinta durian, pastinya akan setuju jika durian Montong merupakan salah satu jenis durian terenak.

Jenis durian ini disebut berasal dari Thailand, namun begitu Montong sangat mudah ditemukan di berbagai daerah di Indonesia.

Durian Montong punya ciri-ciri yang mudah dikenali yaitu dagingnya yang tebal, warna kuning cerah, dan rasanya yang manis.

2. Durian Musang King

Jika Montong berasal dari Thailand, maka durian Musang King merupakan jenis yang berasal dari Malaysia. Tak hanya rasanya yang nikmat, Musang King juga dikenal sebagai jenis durian yang terkenal mahal.

Musang King bisa tumbuh subur di wilayah bersuhu 30-35 derajat celcius. Ciri-ciri durian Musang King adalah daging tebal dan besar dengan tekstur yang lembut.

3. Durian Bawor

Durian Bawor merupakan jenis durian yang banyak ditemukan di daerah Banyuwangi dan sekitarnya. Dari sisi bentuk, durian Bawor hampir mirip dengan Montong termasuk tekstur dagingnya.

Namun, perbedaan antara Bawor dengan Montong adalah Bawor meninggalkan sedikit sensasi pahit usai disantap.

4. Durian Petruk

Durian Petruk merupakan jenis durian asli Indonesia yang berasal dari Jepara. Durian Petruk memiliki ciri khas bulat dan ujungnya runcing.

Berbeda dengan daging durian jenis lain, daging durian Petruk cenderung lebih tipis dan berserat. Namun soal rasa, Petruk memiliki keunikan yaitu ciri khas manis tersendiri yang berbeda dengan jenis durian lainnya.

5. Durian Bokor

Jenis durian lain yang juga asli Indonesia yaitu durian Bokor. Durian ini memiliki ciri kulit berwarna hijau kekuningan. Saat dibelah, Bokor punya daging tebal dan padat.

Tekstur daging durian Bokor juga halus dan berserat. Ciri khas lainnya adalah Bokor memiliki aroma yang tajam.

 


(TOM)

Berita Terkait