JAKARTA: Media sosial menjadi platform yang paling berkembang di era saat ini. Sekaligus memunculkan berbagai inovasi bagi aspek lainnya, diantaranya Facebook Ads.
Relawan Mafindo Jakarta Sukma Nur Jagat menjelaskan, Facebook ads dapat digunakan untuk mempromosikan produk dan layanan melalui iklan berbayar dalam bentuk teks, gambar, atau video. Ada Empat hal yang perlu diersiapkan sebelum mulai melakukan facebook ads.
Pertama, persiapkan materi atau detail produk. Kedua, buat halaman facebook terlebih dahulu. Ketiga, persiapkan budget dan mbanking atau dompet digital.
"Terakhir, pahami community guidelines facebook,” papar Sukma dalam webinar bertajuk Konsep Bisnis Digital: Pemasaran Berbasis Facebook Ads yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi.
BACA: Ternyata Mandi Air Hangat Bisa Mengurangi Stres
Anggota Komite Edukasi Mafindo dan Praktisi Literasi, Julita Hazeliana menambahkan, tiiga hal yang perlu diperhatikan saat melakukan pemasaran berbasis facebook ads: Pertama, selalu gunakan facebook real. Kedua, pahami terlebih dahulu peraturan beriklan di facebook ads.
"Terakhir, buat dan sebarkan konten pemasaran yang menggunakan bahasa sopan dan tidak menimbulkan kesalahpahaman ”, ujar Julita.
Ketua Program Studi Pemasaran Politeknik APP Jakarta & Praktisi Literasi Digital Aji Kresno menambahkab, saat ini penipuan digital dilaporkan banyak terjadi karena semakin masifnya aktivitas belanja dan bertransaksi secara daring.
Tiga tips aman dan nyaman melakukan pemasaran menggunakan facebook ads: Pertama, selalu patuhi peraturan dari facebook tentang ads. Kedua pahami settingan facebook.
"Dan terakhir selalu aktifkan dan gunakan fitur keamanan yang bertingkat untuk meminimalisir akun kita di hack”, papar Aji Kresno.
(TOM)