SAR Temukan 2 Korban Kapal Tenggelam di Banyuwangi, 3 ABK Lain Masih Dicari

Petugas Pos SAR Banyuwangi, Jawa Timur melakukan pencarian nelayan tenggelam. Petugas Pos SAR Banyuwangi, Jawa Timur melakukan pencarian nelayan tenggelam.

Banyuwangi: Kapal nelayan Mekar Jaya yang membawa 27 ABK terbalik dihantam ombak di Pantai Grajagan, Desa Grajagan, Kecamatan Purwoharjo, Banyuwangi, Rabu, 6 September 2023. Tim SAR gabungan Banyuwangi, Jawa Timur, menemukan dua korban dalam kondisi meninggal dunia. 

Total korban meninggal menjadi empat orang. Sementara itu, tiga korban lainnya masih dalam pencarian.

Koordinator Pos SAR Banyuwangi, Wahyu Setia Budi, mengatakan pos SAR Banyuwangi melakukan pencarian kepada tiga korban yang hingga saat belum ditemukan dengan menggunakan perahu karet menyisir di sekitar lokasi kejadian tenggelamnya kapal nelayan tersebut. Polair Grajagan, Pos AL Muncar, BPBD, Pos Kamladu Grajagan, Ambulans RAPI, 851 Banyuwangi, dan nelayan juga turut melakukan pencarian korban hilang.

"Kalau kapal nelayan terbalik dan kesulitan untuk mengevakuasi. Saat ini kami fokus melakukan pencarian tiga korban" tutur Wahyu Setia Budi, Koordinator Pos SAR Banyuwangi, dikutip dari Antaranews, Rabu, 6 September 2023.

Keempat ABK  yang menjadi korban jiwa itu ialah Sukar, 60, asal Purwoharjo; Sumarno, 60, asal Muncar; Toso, 55, asal Srono; dan Wakik, 35, asal Jember. Keempatnya ditemukan tenggelam di sekitar lokasi kejadian. 

Dari empat ABK yang meninggal, satu di antaranya adalah nakhoda kapal bernama Sukar yang ikut tergulung ombak saat kapal terbalik. Sementara itu, tiga kru yang hilang di antaranya Tolib, Dorik, dan To. Korban yang selamat berhasil dievakuasi oleh nelayan lain.


(SUR)

Berita Terkait