Pemkot Probolinggo Luncurkan Satgas Pencegahan Korupsi

Launching Satgas Pencegahan Korupsi di Kota Probolinggo/metrotv Launching Satgas Pencegahan Korupsi di Kota Probolinggo/metrotv

PROBOLINGGO: Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo resmi melaunching Satuan Tugas (Satgas) Pencegahan Korupsi, Senin, 3 April 2023. Kehadiran Satgas ini diharapkan bisa mencegah terjadinya korupsi di lingkungan Pemkot Probolinggo.

Peluncuran satgas tersebut dihadiri sejumlah pejabat  tingkat regional hingga nasional. Diantaranya, Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata, Kemenko Polhukam diwakili Staf Ahli Ideologi dan Konstitusi Irjen Pol. Andry Wibowo, Kepala BPK Perwakilan Jawa Timur Karyadi, dan Kepala Perwakilan BPKP Jawa Timur Abul Chaer.

“Ini salah satu bentuk ikhtiar dan komitmen untuk mencegah korupsi di lingkungan Pemkot Probolinggo. Tidak ada istilah terlambat untuk berbuat baik, agar kepercayaan masyarakat semakin baik,” ujar Walikota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin.

BACA: Dishub Probolinggo Hitung Volume Kendaraan Jelang Mudik Lebaran 2023

Secara teknis, satgas akan mendapatkan bimbingan teknis (bimtek) terkait pencegahan korupsi. “Ada bimtek agar satgas mengetahui tugas dan fungsinya. Satgas di bawah naungan Inspektorat. Inspektorat kami beri dorongan untuk bisa memotori semuanya,” ujar walikota didampingi Kepala Inspektorat, Yusron Sumartono.

Sementara Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata memaparkan korupsi dengan lebih dulu membahas kebutuhan dasar manusia. Selain itu juga menyayangkan korupsi tumbuh subur pada saat otonomi daerah diluncurkan.

“Apakah kebutuhan dasar pegawai sudah tercukupi. Kalau memang sudah tercukupi, mengapa mau memenuhi keinginan. Akhirnya seperti ramai di medsos, pada pegawai pamer tas mahal dan lain-lain,” ujarnya.
 
“Di Jawa Timur, lebih dari 10 kepala daerah yang ditindak oleh KPK. Jatim termasuk kategori paling banyak,” tambahnya.

 


(TOM)

Berita Terkait