Terminal GSN Tanjung Perak Dipadati 18.892 Penumpang H+6 Lebaran

Relawan yang menjaga selama masa mudik hingga arus balik membantu penumpang mengecek tiket di Terminal Penumpang Gerbang Surya Nusantara, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur pada Selasa (16/4/2024). (ANTARA/Ananto Pradana) Relawan yang menjaga selama masa mudik hingga arus balik membantu penumpang mengecek tiket di Terminal Penumpang Gerbang Surya Nusantara, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur pada Selasa (16/4/2024). (ANTARA/Ananto Pradana)

Surabaya: Manajemen Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara (GSN), Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur mencatat sebanyak 18.892 penumpang memadati kawasan enam hari setelah libur Lebaran 2024 berlangsung.

"Data penumpang yang naik sementara sampai sore hari ini ada 6.880 penumpang datang dan 12.012 penumpang turun," ucap General Manager Kalimas dan Terminal Penumpang GSN, Dhany Rachmad Agustian dikutip dari Antara, Rabu, 17 April 2024.

Dhany mengatakan prediksi pihaknya mengatakan puncak arus balik terjadi pada Selasa, 16 April 2024. Namun, lonjakan penumpang juga diantisipasi muncul pada H+9 (Jumat, 19 April) hingga H+11 (Minggu, 21 April 2024).

"Memang itu prediksi kami arus baliknya hari ini, tetapi melihat situasi di lapangan sepertinya terus akan bergulir," tuturnya.

Arus balik mudik tersebut diprediksi atas faktor waktu tempuh kapal dengan rute wilayah Indonesia bagian timur. “Seperti dari Sorong itu memakan waktu perjalanan sekitar empat hari, sehingga menyesuaikan dengan jadwal kedatangannya," kata Dhany.

Selama masa mudik Lebaran 2024, ia mengatakan terdapat 37 kapal dari enam operator yang siap melayani rute mudik masyarakat. Dengan itu, antisipasi dilakukan dengan memperpanjang waktu penjagaan dari dua jam menjadi empat jam sebelum kedatangan kapal.

"Jadi empat jam sebelum kapal datang kami masukkan penumpang agar tidak terjadi penumpukan di sekitar pelabuhan," ucapnya.

Manajemen GSN juga melakukan perbaikan pada sejumlah fasilitas sebelum masa mudik dimulai. “Mengingat prediksi angkutan Lebaran ini ada kenaikan sekitar 20 persen dibanding tahun lalu, baik arus mudik dan arus balik secara keseluruhan," kata Dhany.

Sementara itu, data dari pihak Terminal GSN menyatakan jumlah penumpang dihitung dari H-15 sampai H+5 lebaran mencapai 134.813 orang. Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang sebanyak 120.463, jumlah tahun ini 11,91% lebih tinggi. Jumlah kedatangan dan keberangkatan tertinggi tercatat pada 3 April 2024 atau H-7 lebaran.


(SUR)

Berita Terkait