Hore Gunung Arjuno-Welirang Kembali Dibuka, Saatnya Mendaki

Gunung Welirang dan Arjuno dibuka kembali untuk pendaki (Foto / Istimewa) Gunung Welirang dan Arjuno dibuka kembali untuk pendaki (Foto / Istimewa)

MALANG : Gunung Arjuno-Welirang resmi kembali dibuka untuk aktivitas pendakian, mulai 19 September 2021 lalu. Namun, sejumlah persyaratan harus dipenuhi para pendaki. Untuk sementara pengelola Taman Hutan Raya (Tahura) R Soerjo hanya membuka dua pos pendakian ke Gunung Arjuno-Welirang, yaitu Pos Tretes dan Pos Tambaksari di Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan. Sementara dua pos pendakian lainnya belum dibuka, yakni Pos Tretes, Pos Tambaksari, Kabupaten Pasuruan, Pos Lawang, Kabupaten Malang dan Pos Batu.

Kepala Tahura R Soerjo, Ahmad Wahyudi mengungkapkan, pembukaan jalur pendakian Arjuno-Welirang disesuaikan dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) mengenai penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang diberlakukan di Malang raya, yang berlaku hingga 4 Oktober 2021 mendatang.

"Untuk jalur dari Kota Batu dan Lawang masih belum karena kami berpatokan pada Inmendagri terakhir," ucap Wahyudi, Selasa 21 September 2021.

Adapun persyaratan yang harus dipenuhi para calon pendaki Gunung Arjuno-Welirang, wajib melampirkan bukti telah tervaksin covid-19, minimal satu dosis. Hal ini bisa dibuktikan dengan memindai aplikasi PeduliLindungi di base camp atau menunjukkan sertifikat vaksin. Pendaki yang belum menjalani vaksin, tidak diperkenankan melakukan pendakian.

Baca Juga : Unik, Masuk ke Desa Ini Berasa Hidup di Zaman Majapahit

"Selain harus sudah vaksin, calon pendaki juga harus menyertakan surat keterangan sehat saat akab memulai pendakian," katanya.

Syarat lainnya, selama pembukaan pendakian kembali, calon pendaki harus memesan tiket secara online. Pengelola sementara tidak melayani pembelian tiket on the spot. Semua pendaki yang akan naik ke Arjuno-Welirang harus sudah memesan tiket online di website yang sudah disediakan pengelola.

"Kalau misalnya ada pendaki yang nekat datang tanpa pesan tiket online terlebih bisa dipastikan akan ditolak dan tidak dilayani," katanya.

Wahyudi menambahkan, meskipun sudah dibuka, antusiasme pendaki masih minim. Tercatat baru 38 orang yang sudah melakukan pendakian ke Arjuno-Welirang setelah resmi dibuka kembali. Rinciannya 20 orang melalui jalur Tretes dan 18 orang melalui jalur Purwosari, Pasuruan.

"Biasanya pendakian ke Arjuno itu ramainya saat akhir pekan. Kalau tengah pekan seperti ini sepi. Bahkan, tidak ada yang naik," ujarnya.

 


(ADI)

Berita Terkait