Waduh, Aplikasi PeduliLindungi Palsu Beredar

Salah satu pengunjung mall di Surabaya tengah menggunakan aplikasi PeduliLindungi (Foto / Reno / Metro TV) Salah satu pengunjung mall di Surabaya tengah menggunakan aplikasi PeduliLindungi (Foto / Reno / Metro TV)

SURABAYA : Selama masa pandemi covid-19, banyak sekali hoaks dan modus penipuan yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab. Salah satunya pemalsuan aplikasi PeduliLindungi yang ramai diperbincangkan masyarakat belum lama ini. Situs PeduliLindungi palsu kini beredar dengan tautan http://www.pedulilindungia.com/. Tampilan situs ini dibuat sama persis dengan tampilan situs resmi dan juga ada laman untuk memasukan data pengguna dan informasi terkait covid-19.

Meski serupa, namun situs palsu ini memiliki perbedaan yang mencolok. Perbedaan utamanya terletak pada bagian domain. Situs PeduliLindungi yang asli adalah pedulilindungi.id, sementara aplikasi yang palsu adalah pedulilindungia.com. Selain itu, pada situs yang palsu juga terdapat tambahan huruf A pada akhir tautan pedulilindungi. Tak hanya itu, terdapat pula informasi dengan nomor rekening bank BCA atas nama Nurmainah.

BACA JUGA : Dua Negara Pilih Berdamai dengan Covid-19, Ini Alasannya

Masyarakat diimbau untuk berhati-hati saat membuka aplikasi PeduliLindungi. Bagi Anda yang ingin melihat sertifikat vaksin covid-19 maka bisa mendownload aplikasinya melalui App Store dana Playstore, atau bisa mengaksesnya langsung melalui web. Setelah masuk, Anda cukup memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) untuk mengetahui status vaksinasi. Tak hanya itu, Anda juga bisa memeriksa riwayat hasil tes covid-19 yang telah dijalani.

 


(ADI)

Berita Terkait