Kemenhub Berangkatkan 160 Bus Gratis untuk Arus Balik Mudik

Suasana pengangkutan calon penumpang bus yang mengikuti program arus balik mudik gratis pada Lebaran 2024 di Terminal Giwangan, Yogyakarta pada Senin (15/4/2024). (ANTARA/HO-Humas Kemenhub) Suasana pengangkutan calon penumpang bus yang mengikuti program arus balik mudik gratis pada Lebaran 2024 di Terminal Giwangan, Yogyakarta pada Senin (15/4/2024). (ANTARA/HO-Humas Kemenhub)

Jakarta: Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memfasilitasi 160 bus dari sembilan terminal untuk balik mudik gratis. Bus arus balik mudik gratis berangkat dari sembilan terminal tipe A di lima provinsi, yakni DI Yogyakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Sumatra Selatan.

Kesembilan terminal tersebut adalah Bulupitu, Purwokerto; Mangkang, Semarang; Giwangan Yogyakarta; Tirtonandi, Solo; Giri Adipura, Wonogiri; Harjamukti, Cirebon; Purboyo, Madiun; Bungurasih, Surabaya; dan Alang-Alang Lebar, Palembang.

"Untuk yang pemberangkatan dari Terminal Giwangan Yogyakarta sebanyak 20 bus dengan kuota penumpang sebanyak 880 orang. Sedangkan, sisanya yaitu 140 bus diberangkatkan dari delapan terminal lainnya," ucap Direktur Angkutan Jalan Kemenhub, Suharto dikutip dari Antara, Senin, 15 April 2024.

Seluruh bus balik mudik gratis ini diberangkatkan menuju lima terminal, yaitu Jatijajar, Depok; Pulogebang, Jakarta; Kp Rambutan, Jakarta; Poris Plawad, Tangerang; dan Pondok Cabe, Tangerang Selatan. Sebanyak tujuh angkutan arus balik yang membawa 210 sepeda motor yang sudah diberangkatkan pada Minggu, 14 April 2024, dengan tujuan keberangkatan ke Terminal Pondok Cabe, Tangerang Selatan.

Menurutnya, program tersebut dapat meringankan beban pemudik yang menggunakan kendaraan sepeda motor. Data dari Korlantas Polri juga menunjukkan persentase kecelakaan yang menurun sebanyak 12% dibanding periode lebaran tahun lalu.

"Itu artinya program seperti ini berperan mengurangi tingkat fatalitas kecelakaan," tuturnya.

Sebelumnya, Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub memfasilitasi mudik gratis pada Lebaran 2024 untuk 40.088 orang. Angka tersebut meningkat sebanyak 62,33 persen dari kuota tahun sebelumnya yang untuk 24.368 orang. Pihaknya mempertimbangkan untuk melanjutkan program mudik dan balik gratis dengan adanya penambahan kapasitas dan rute kota tujuan.

"Kami berharap program ini sangat bermanfaat bagi masyarakat yang benar-benar membutuhkan agar bisa merayakan mudik ceria dan penuh makna, serta bisa selamat sampai kembali di kota perantauan untuk menjalankan aktivitas seperti sedia kala," ucapnya.


(SUR)

Berita Terkait