Selain Rawon, Ini 5 Kuliner Unik Khas Jatim Incaran Pelancong

Nasi Krawu/ist Nasi Krawu/ist

SURABAYA: Kuliner menjadi salah satu yang dicari bagi para pelancong apalagi di musim mudik seperi in. Tiap daerah memiliki keunikan dan ciri khas kuliner tersendiri, baik itu dari segi rasa, bentuk, dan bahkan penyajiannya.

Tidak lengkap rasanya, kalau mendatangi suatu tempat tanpa mencicipi kulinernya. Kali ini, jika Anda mendatangi daerah Jawa Timur, Anda harus mencoba beragam kuliner khasnya.


Berikut ini adalah lima kuliner khas Jawa Timur

1. Rawon

Rawon menjadi salah satu makanan khas Surabaya, Jawa Timur. Dengan ciri khas kuah berwarna hitam pekat, dan biasanya diolah dengan menggunakan daging sapi, rawon menjadi makanan khas daerah yang populer, karena rasa yang enak dan cita rasanya yang sesuai dengan lidah Indonesia.

2. Soto Lamongan

Soto Lamongan merupakan makanan khas Jawa Timur lainya. Rasanya yang enak dengan harga yang terjangkau, membuat soto Lamongan menjadi populer.

Terdapat perbedaan antara soto Lamongan dengan soto jenis lainnya, yaitu terdapat pada koya yang merupakan bubuk gurih dengan bahan dasar kerupuk udang dan bawang putih yang dihancurkan hingga lembut.

Koya ini, nantinya akan ditabur di atas soto sebelum disajikan, yang membuat soto semakin gurih.

3. Nasi Krawu

Nasi krawu merupakan makanan khas daerah yang berasal dari Gresik, Jawa Timur. Nasi krawu memiliki rasa yang unik dan sedap. Hal ini, disebabkan oleh nasi krawu yang dikombinasikan dengan beragam lauk, seperti daging sapi, jeroan sapi, atau bahkan keduanya.

Selain itu, nasi krawu juga dilengkapi dengan sambal dari bahan petis dan terasi, dengan tambahan serundeng.

4. Bakso Malang

Bakso Malang merupakan makanan khas asal Jawa Timur selanjutnya. Dengan kuah yang hangat gurih dan isian komplit, membuat bakso Malang menjadi salah satu kuliner khas yang digemari banyak orang.

Bakso Malang juga dapat ditambahkan dengan beragam bahan makanan lain nya seperti pangsit, ati, ampela, siomay, tahu, dan juga mie.

5. Lodho Ayam

Lodho ayam yang berasal dari Tulungagung, Jawa Timur menjadi kuliner khas asal Jawa Timur yang harus dicicipi.

Berasal dari bahan dasar ayam, lodho ayam dimasak dengan menggunakan bumbu khusus dan telah ada secara turun temurun. Lodho ayam terbagi atas lodho ayam yang menggunakan kuah kental dan kuah encer, yang biasanya dimakan dengan nasi panas.


(TOM)

Berita Terkait