Kunjungan ke Kota Batu Naik saat Libur Lebaran, Pendapatan Capai Rp3,2 Miliar dalam Sepekan

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

BATU : Kunjungan wisata ke Kota Batu selama libur Hari Raya Idul Fitri meningkat drastis. Diprediksi pendapatan mencapai Rp3,2 miliar dalam sepekan. "Prediksi ini dihitung dari pemasukan pajak hotel, pajak restoran, pajak hiburan, pajak parkir dan retribusi parkir, dengan okupansi hotel mencapai 70-85 persen," ucap PJs Wali Kota Batu Aries Agung Paewai, Sabtu 29 April 2023.

Dia mengakui kehadiran para wisatawan dan pemudik yang tiba di Kota Batu dari berbagai daerah di Jawa Timur dan luar provinsi cukup menggerakkan sektor perekonomian warganya. Namun dia berharap pelayanan kepada para wisatawan terus ditingkatkan terutama di sisa libur lebaran ketika akhir pekan ini.

"Selama libur lebaran, saya bersama pimpinan OPD selalu berkeliling ke tempat wisata untuk memastikan pelayanan diberikan dengan baik. Alhamdulillah semua sudah berjalan sesuai yang diharapkan," ucapnya.

"Saya berharap pelayanan terbaik kita berikan sehingga wisatawan akan nyaman dan selalu ingin kembali menikmati keindahan dan kesejukan Kota Batu," imbuhnya.

baca juga : Mayat Wanita Hamil di Bangkalan, Polisi Sebut Korban Dibunuh Sebelum Dibakar

Sejauh ini memang jumlah kendaraan yang keluar masuk Kota Batu terpantau mengalami kenaikan hingga 699.154 atau 29,36 persen dari lalu lintas pada hari libur biasanya. "Jumlah kendaraan ini meningkat 29,36 persen dibanding hari libur biasa. Terpantau, puncak kepadatan terjadi pada tanggal 24 April 2023 dengan jumlah kendaraan mencapai 123.606 unit," katanya.

Pihaknya pun telah berkoordinasi dengan Polres Batu agar menyiapkan sejumlah rencana rekayasa lalu lintas (lalin) bila terjadi kemacetan. Salah satunya dengan melakukan sistem satu jalur atau one way di Jalan Moh. Hatta Pendem, Jalan Ir. Soekarno Junrejo, dan Jalan Dewi Sartika, Kota Batu.

"Jika selama libur lebaran tahun ini semua tertangani dengan baik, terutama arus kendaraan. Meskipun ada kemacetan tetapi tetap lancar dan terkendali. Termasuk kejadian lakalantas hampir tidak ada kejadian yang berarti alias nihil kejadian," pungkasnya.

 


(ADI)

Berita Terkait