Harga Minyak Goreng Melambung, Tembus Rp 18 Ribu di Jombang

Pedagang minyak curah Pasar Mojoagung, Jombang. (metrotv) Pedagang minyak curah Pasar Mojoagung, Jombang. (metrotv)

JOMBANG: Harga minyak goreng di sejumlah pasar tradisional mengalami kenaikan, termasuk di Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Tak hanya minyak goreng curah, kenaikan harga juga terjadi pada minyak goreng kemasan hingga tembus Rp 18 ribu/kilogram.

Dari pantauan di Pasar Mojoagung, Kabupaten Jombang kenaikan harga minyak goeng sudah terjadi dalam tiga pekan terkahir. Setiap hari  harga minyak goreng terus mengalami kenaikan tajam dibanding sebelumnya.

Sejumlah lapak pedagang dan agen, harga minyak goreng terkerek naik hingga mencapai Rp 18.000 perkilogramnya. Minyak goreng curah yang biasa dijual dengan harga Rp 12.000  kini menjadi Rp 18.000 perkilogram.

BACA: Hujan Terus, Petani Tembakau Ponorogo Galau

Bahkan, tak hanya jenis curah. Kenaikan juga terjadi pada harga minyak goreng kemasan.  Biasanya, minyak goreng kemasan dijual Rp 14.000 Namun kini naik Rp 3.000 menjadi  Rp 17.000 hingga Rp 18.000 perkilogram.

"Kenaikan ini terjadi dalam setiap hari sejak tiga pekan terakhir. Kenaikan harga sudah terjadi mulai dari para distributor, " ujar Vivi Vidyawati, salah satu pedagang.

Akibatnya, penjualan minyak goreng curah kini menurun drastis hingga 100 kilogram dalam satu hari. Para konsumen yang biasa membeli minyak goreng curah kini terpaksa beralih ke minyak goreng kemasan karena ada selisih harga sebesar Rp 1.000.


(TOM)

Berita Terkait