Deretan Mitos Supermoon, Disebut Bisa Buat Orang Jadi Gila hingga Keluarnya Raja Iblis

Foto: Pexels.com Foto: Pexels.com

Clicks: Tak terhitung, banyak sekali fenomena alam yang terjadi di dunia ini. Salah satu keajaiban alam yang bisa disaksikan pada hari ini, Rabu, 26 Mei 2021, yakni gerhana bulan total perigee atau yang biasa disebut super blood moon. 

Fenomena itu bisa terjadi ketika bulan berada pada jaraknya yang terdekat dari bumi. Tentunya, fenomena alam ini sangat dinanti-nanti oleh seluruh masyarakat karena super blood moon tidak akan terjadi lagi hingga Mei 2022 mendatang.

Sebelum menyaksikan fenomena tersebut, pasti beberapa dari kalian sudah banyak mencari tahu fakta mengenai supermoon. Tetapi, tahukah kamu bahwa banyak beredar mitos mengenai keajaiban alam satu ini? Dilansir dari berbagai sumber, berikut deretan mitos yang jarang diketahui orang mengenai supermoon.

1. Membuat orang menjadi gila

Beredar cerita di masyarakat bahwa fenomena supermoon bisa membuat orang menjadi gila. Inilah yang membuat sejumlah orang memilih untuk tetap di rumah selama fenomena alam itu berlangsung.

Faktanya, beberapa penelitian mencoba untuk membandingkan fase bulan dengan kelahiran, serangan jantung, kematian, bunuh diri, hingga kekerasan. Hasilnya, mereka tidak menemukan adanya hubungan antara fenomena supermoon dengan perilaku manusia. 

2. Mengakibatkan bencana

Banyak yang beranggapan ketika bulan terlalu dekat dengan bumi, maka dapat mengakibatkan bencana alam karena tarikan gravitasinya. Padahal, pada kenyataannya tidak demikian. Faktanya, tarikan gravitasi bulan tidak cukup kuat untuk menyebabkan bencana, bahkan pada jarak terdekatnya. Untuk itu, buanglah anggapan yang belum terbukti ini dan cobalah untuk menyaksikan indahnya fenomena supermoon.

3. Bulan tampak lebih besar saat terbit

Kalian mungkin tidak menyadari kondisi ini sebagai mitos yang beredar. Tetapi, sebagian orang percaya bahwa bulan tampak lebih besar saat terbit. Banyak yang menyebutkan itu hanyalah ilusi optik yang dikenal sebagai ilusi Ponzo. Namun, peneliti belum memiliki penjelasan kuat mengenai hal itu.

4. Keluarnya raja iblis

Kalau mitos satu ini memang sangat berbau mistis. Banyak yang beranggapan bahwa supermoon akan memicu keluarnya raja iblis yang datang untuk menghancurkan bumi. Menariknya, ternyata para pemuja iblis sangat menunggu mitos supermoon ini demi mendapat keuntungan semata. Ada-ada saja ya teman-teman!

5. Membuat orang menjadi subur

Pada zaman dahulu, sejumlah orang percaya bahwa membalikkan tempat tidur ketika fenomena supermoon dapat membuat kita menjadi subur. Biasanya, hal ini dilakukan bagi yang ingin cepat memiliki momongan. Meski banyak yang percaya, tetapi belum ada bukti ilmiah yang dapat merepresentasikan kepercayaan itu.


(SYI)

Berita Terkait