Pemkab Bojonegoro Sambut Tim Penilai Lapang Lomba BUM Desa Tingkat Jatim 2024

Pemkab Bojonegoro Sambut Tim Penilai Lapang Lomba BUM Desa Tingkat Jatim 2024 . Bojonegorokab.go.id Pemkab Bojonegoro Sambut Tim Penilai Lapang Lomba BUM Desa Tingkat Jatim 2024 . Bojonegorokab.go.id

Bojonegoro: Sekretaris Daerah Kabupaten Bojonegoro, Nurul Azizah, bersama sejumlah pejabat Pemkab menyambut Tim Penilai Lapang Lomba BUM Desa Provinsi Jatim Tahun 2024 di Gedung Putih Pemkab Bojonegoro, Selasa, 25 Juni 2024. Penyambutan tersebut juga ditandai dengan penyerahan cinderamata kepada tim penilai.

Dalam sambutannya, Nurul Azizah menyatakan bahwa Pemkab Bojonegoro, melalui BUM Desa di bawah naungan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), telah memberikan bantuan keuangan dari APBD.

“Rp100 juta diberikan kepada BUM Desa supaya ada kemandirian dalam pengelolaan keuangan, dan agar lebih berdaya di dalam pengelolaan pusat usahanya,” ujar Nurul Azizah dikutip dari Bojonegorokab.go.id, Rabu, 26 Juni 2024.

Nurul juga menambahkan bahwa kedatangan Tim Penilai dari Provinsi Jawa Timur ini adalah komponen penting. Dia berharap bahwa penilaian yang dilakukan dapat berdampak positif dan mengaktualisasikan pemberdayaan BUM Desa.

“Juga mudah-mudahan apa yang dinilai bisa memberikan dampak yang baik bagi masyarakat,” pangkasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Ekonomi Desa Dinas PMD Provinsi Jatim, Endah Binawati, yang juga Ketua Tim Penilai, menyampaikan bahwa salah satu BUM Desa di Bojonegoro termasuk dalam enam BUM Desa terbaik di Provinsi Jatim. Bahkan pada tahun 2023, BUM Desa tersebut meraih peringkat pertama.

Lomba BUM Desa ini diikuti oleh 27 BUM Desa di Jawa Timur. Setiap BUM Desa memiliki keunikan tersendiri. Namun, BUM Desa di Bojonegoro sangat istimewa karena mendapat perhatian khusus dari Pemkab, termasuk dalam hal pembiayaan dan pendampingan. Sejak lomba BUM Desa pertama kali diselenggarakan pada tahun 2015, Bojonegoro selalu berpartisipasi.

“Luar biasa Pemkab Bojonegoro ini membina BUM Desanya. Nanti kita izin untuk menilai langsung di lapangan untuk BUM Desa Berkah, Desa Pungpungan Kecamatan Kalitidu. Terimakasih sudah menerima kami di sini,” pungkasnya.


(SUR)

Berita Terkait