Bisa Diajarkan Kepada Anak, Begini 8 Cara Cepat Balajar Alquran

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

SURABAYA : Cara cepat belajar Alquran penting diketahui tiap Muslim agar bisa membaca kitab suci dengan baik dan benar. Membaca Alquran merupakan kewajiban tiap muslim, paling tidak di dalam shalat. Yaitu surat Al-Fatihah yang wajib dibaca saat melaksanakan ibadah shalat lima waktu.

Untuk bisa membaca Alquran dengan baik dan benar perlu mengetahui beberapa caranya. Berikut 8 cara cepat belajar Alquran yang bisa dilakukan Muslim:

1. Mengetahui huruf hijaiyah

Cara cepat belajar Alquran yang pertama mengetahui huruf hijaiyah berjumlah 29. Mengerti dan hafal huruf hijaiyah merupakan ilmu dasar dalam membaca Alquran.

2. Mengetahui Harakat

Cara cepat belajar Alquran berikutnya mengenal harakat. Harakat secara bahasa berarti gerakan, sebagai lawan dari diam atau tidak bergerak (sukun). Namun dalam istilah ilmu Dhabth, harakah itu adalah tiga tanda baca yaitu fathhah (????), Kasrah (????) dan dhammah (???).

Gunanya harakat untuk membunyikan huruf-huruf konsonan dalam aksara Arab, yaitu huruf konsonan itu dibunyikan dengan vokal a, i atau u.

3. Mengetahui Bacaan Mad

Makna kata mad (??) itu panjang atau memanjangkan. Orang Arab biasanya menyebut : dia mengulurkan tangan dengan (???? ???). Tanda baca mad diletakkan di atas huruf mad seperti ( - ?????? ????).

4. Mengetahui Ilmu Tajwid

Hukum mempelajari Ilmu tajwid adalah Fardhu Kifayah, sedang membaca Al Qur'an dengan baik dan benar sesuai ilmu tajwid hukumnya Fardhu Ain. Hukum bacaan tajwid penting diketahui Muslim dalam membaca Alquran. Sebab, membaca Alquran harus benar dan tartil serta tahu makhrojul khuruf maupun kapan harus berhenti dan lanjut.

Salah satu upaya agar bisa membaca Alquran dengan baik dan tartil yakni belajar ilmu tajwid yakni ilmu yang mempelajari tentang cara pengucapan dan pelafalan Alquran.

BACA JUGA : Mudah, Ini Bacaan Dzikir Paling Dicintai Allah SWT

5. Mengetahui Makharijul Huruf

Cara membaca Alquran dengan tartil berikutnya yakni mengetahui makharijul huruf atau tempat keluarnya huruf hijaiyah pada saat huruf-huruf tersebut diucapkan atau dibunyikan. Pendapat yang paling masyhur menurut Imam Ibnul Jazari menyatakan bahwa makhorijul huruf hijaiyah itu ada 17 tempat yang terdapat di rongga mulut, lidah, kerongkongan, dua bibir dan janur hidung.

a. Bunyi huruf yang keluar dari rongga mulut ada tiga macam, yaitu : alif , wawu sukun dan ya sukun.
b. Bunyi huruf yang keluar dari tenggorokan yaitu huruf hamzah (?) ‘ha dan (?), Wasthul halqi (pertengahan tenggorokan), yaitu huruf ha (?) ain ‘dan) ?), ujung tenggorokan yaitu huruf ghoin (?) dan kho’ (?)
c. Huruf yang keluar dari lidah yakni, huruf qof, kaf, ja-sya-ya, dan dho, la, na, ro, ta, da, tho, tsa, dza, dzo, za, sa, dan sho.
d. Tempat keluar bunyi huruf hijaiyah yang terletak di bibir antara lain fa, wa, ba, dan ma.
e. Pangkal hidung. Adapun huruf-hurufnya yaitu huruf-huruf ghunnah mim dan nun dengan ketentuan sebagai berikut: 1) Nun bertasydid (??) 2) Mim bertasydid (??) 3) Nun sukun yang dibaca idghom bigunnah, iqlab dan ikhfa’ haqiqiy 4) Mim sukun yang bertemu dengan mim (?) atau ba (?).

6. Mengetahui Bahasa Arab

Seluruh ulama dan umat Islam sepakat bahwa yang disebut dengan Alquran adalah yang berbahasa Arab, bukan terjemahnya. Karena itu, agar bisa cepat membaca Alquran penting untuk belajar bahasa Arab. Sebab, membaca Alquran meski boleh dengan terjemahannya namun jika dibaca, tidak mendatangkan pahala secara khusus.

Berbeda dengan teks aslinya dalam bahasa Arab yang mendatangkan pahala. Tiap hurufnya mendatangkan pahala yang dilipat-gandakan dengan 10 kebaikan.

7. Rutin Membaca Alquran

Cara cepat belajar Alquran berikutnya yakni rutin membaca Alquran tiap hari. Selain mendapat pahala tiap hurufnya 10 lipat, juga agar semakin lancar.

8. Mencari Guru Mengaji Kredibel

Cara cepat belajar Alquran lainnya yakni mencari guru mengaji atau ustaz-ustazah yang mumpuni dan paham betul hukum bacaannya maupun ilmu tajwidnya.

 


(ADI)

Berita Terkait