Dobrak Tradisi, Liga Nusantara Futsal Jatim Bergulir di Malang

Ketua Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Jatim Dimas Bagus Kurniawan Ketua Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Jatim Dimas Bagus Kurniawan

MALANG: Liga Nusantara Futsal Jawa Timur 2022 kembali bergulir 10-16 Januari 2022.  Bedanya, kompetisi futsal kasta kedua di Indonesia  tidak lagi digelar di Surabaya, namun di Unggul Sports Center Malang.  

Total, Liga Nusantara Futsal Jawa Timur 2022 diikuti  15 tim.  Terdiri dari 10 tim putra, yaitu Payung Pusaka Kediri, Dyvy FT Sidoarjo, Bangkalan FC, Pamekasan FC, Estrella IFC Sidoarjo, Banteng Muda Malang, Lafuria FC, Al Ahly, Garuda Emas dan Baskhara. Semnetar  lima tim putri yakni Banteng Muda Putri, KWB Batu, Meta Putri, Putri NPS dan Air Women.

Ketua Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Jatim Dimas Bagus Kurniawan mengaku bersyukur dengan berhasil digelarnya kompetisi musim ini. Dia juga memahami kondisi klub-klub anggota AFP Jatim yang tidak berpartisipasi.

"Faktor vakumnya Liga Nusantara karena terhambat pandemi. Dan juga dari level atas (Liga Pro Futsal) tidak digelar," ujarnya usai pembukaan Liga Nusantara Futsal Jatim.

BACA: Arsenio Valpoort, Striker Anyar Persebaya yang Diragukan

"Makanya begitu Liga Pro musim ini berjalan, otomatis kami gelar Liga Nusantara Jatim. Jadi, biar ada kesinambungan antara event AFP dan Liga Pro," tambahnya.

Pria yang juga manajer timnas futsal Indonesia itu menyebutkan terpilihnya Malang menjadi tuan rumah musim ini selain karena mengajukan diri juga untuk menggairahkan futsal di Jatim. Liga Nusantara musim ini juga kali pertama digelar di Jatim.

"Ini pertama kali AFP Jatim menyelenggarakan di luar Surabaya. Supaya (gairah) futsal bisa menyebar dan bisa diketahui potensi-potensi futsal di daerah," terang Dimas.

"Ke depan akan berlanjut. Jika ada daerah-daerah yang ingin menjadi tuan rumah, kami menyambutnya terbuka. Kami beri kesempatan daerah-daerah yang ingin menjadi tuan rumah," sambungnya.

Sementara Kasi Binpres Dispora Jatim Awan Widodo menyampaikan dukungan atas terselenggaranya Liga Nusantara musim ini. Dispora Jatim berencana terus mendukung gelaran ini di masa mendatang.

"Karena ajang ini juga merupakan proses pencarian pemain berbakat yang tujuannya ke tingkat lebih tinggi. Apalagi ada kompetisi profesional dan internasional," ujarnya.


Sementarhari hasil  pertandingan hari pertama untuk kategori putra, Payung Pusaka kalah dari Dyvy FT 1-4 , Bangkalan FC imbang lawan Pamekasan FC, 1-1. Disusul Banteng Muda Unggul FC atas La Furia,  13-1. Di kategori putri KWB menang atas Banteng Muda Putri 1-0, Meta Jayabaya ditahan imbang tanpa gol oleh NPS.


(TOM)

Berita Terkait