Universitas Brawijaya Malang Peringkat ke 4 Kampus Terbaik di Indonesia

Universitas Brawijaya (UB) Malang  (Foto / Istimewa) Universitas Brawijaya (UB) Malang (Foto / Istimewa)

MALANG : Universitas Brawijaya (UB) Malang peringkat keempat kampus terbaik di Indonesia. Brawijaya naik satu peringkat dari sebelumnya rangking ke-5 se-Indonesia. Rektor UB Nuhfil Hanani mengaku bangga dan bersyukur atas prestasi ini.

"Pencapaian yang diraih kali ini membuktikan UB masih tetap produktif meskipun sedang berada di masa pandemi covid-19," katanya, Kamis 29 Juli 2021.

Ketua Pusat Pemeringkatan UB Adharul Mutaqin mengatakan, ada tiga indikator penilaian dari Webometrics, yakni web content impact atau visibility, openness atau transparency, dan excellence atau scholar. Pada indikator web content impact misalnya, penilaiannya didasarkan pada jumlah backlink dari situs lain ke suatu halaman web suatu perguruan tinggi, indikator ini memiliki bobot 50 persen.

"Opennes, indikator kedua dengan bobot 10 persen, diukur dari jumlah sitasi dari 210 penulis suatu perguruan tinggi yang memiliki sitasi tertingi di Google Scholar," katanya.

BACA JUGA : Menyentuh, 2 Bocah Perempuan Pacitan Ini Sumbangkan Tabungan untuk Pengadaan Oksigen

Sedangkan indikator yang terakhir, dikatakan Adharul yaitu excellence. Indikator ini diukur berdasarkan jumlah karya ilmiah suatu perguruan tinggi yang berada pada 10 persen, sitasi tertinggi untuk 27 topik atau disiplin ilmu pada Scimago.

"Pada openess rank jumlah sitasi pada top 10 author untuk edisi Juli ini ada peningkatan jumlah sitasi kepada 200 penulis terbaik UB paling banyak sitasinya. Impact rank ada di urutan ke-9 dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Artinya sudah banyak instansi di luar UB yang melakukan link ke website utama UB," katanya.

Meskipun begitu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar posisi UB tidak terlempar jauh, di antaranya mematuhi aturan Webometrics setidaknya seperti yang sekarang dilakukan. Kemudian menjaga akun google scholar agar benar benar valid, serta memastikan aktifitas publikasi penelitian yang kita lakukan terindeks di google scholar.

Wakil Rektor Bidang Akademik Aulanni’am mengapresiasi prestasi UB kali ini. Menurutnya ini menjadi bagian dari kerja semua tim untuk pencapaian tersebut. "Pencapaian yang sangat baik. Terimakasih kepada semua tim yang sudah sangat membantu dalam tercapainya peringkat UB kali ini pada Webometrics," ujarnya.

 


(ADI)

Berita Terkait