Michelin Segera Jajal Aspal Sirkuit Mandalika

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

SURABAYA : Michelin akan menjajal ban yang akan digunakan pembalap MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Michelin menguji beberapa spesifikasi ban yang berbeda baik dari sisi campuran bahan maupun tingkat kekokohan. Ini agar pada akhir sesi uji dapat memberikan opsi ban-ban terbaik bagi pembalap yang akan adu kecepatan di sana.

“Sesudah tes pertama tim Michelin sudah bisa menentukan kebutuhan ban seperti apa, atau jika ada spesifikasi khusus yang diperlukan untuk seri ini,” kata Michelin Two Wheels Motorsport Manager, Piero Taramasso.

Pada sesi uji di Mandalika nanti, Michelin akan mengirimkan tim terdiri atas para tyre fitter dan race tyre engineer yang merupakan bagian dari tim Michelin Motorsport Roda Dua. Ban menjadi elemen vital dalam ajang adu balap MotoGP. Ketepatan pemilihan ban di lintasan sirkuit bisa menjadi penentu kemenangan.

Baca Juga : Bahaya Highway Hypnosis dalam Berkendara, 6 Cara Menghindarinya

Piero menjelaskan ban-ban untuk kebutuhan balap MotoGP dikembangkan departemen teknis di dalam grup Michelin di bawah arahan tim Motorsport. Ban-ban tersebut memiliki rancang bangun berbeda dengan ban-ban yang digunakan untuk kompetisi lain.

“Kecepatan dan temperatur yang dicapai atau dihadapi ban-ban dalam MotoGP jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kompetisi lain, sehingga ban yang digunakan juga didesain khusus, baik dalam hal rancang bangun maupun campuran bahan yang digunakan. Ini untuk bisa mengatasi kondisi berkendara ekstrem di lintasan,” terangnya.

Dia mengungkapkan dalam proses uji pramusim di sirkuit Mandalika, seperti pada seri-seri di sirkuit lain, ada tiga spesifikasi ban Michelin, yakni jenis slick (gundul/rata) yang akan dicoba yaitu tipe soft, medium dan hard. Para pembalap akan mencoba ketiga tipe ban tersebut dalam sesi Latihan Bebas selama akhir pekan.

Setelah itu para pembalap akan memilih tipe yang menurut mereka terbaik dalam hal cengkeraman dan daya tahan untuk digunakan dalam balapan pada 20 Maret 2022. Michelin terlibat di MotoGP sejak 2016. Tim Michelin Two Wheels Motorsport memberikan saran kepada para pembalap tentang pilihan ban.

Untuk gelaran MotoGP Mandalika, Michelin akan mengirimkan 25 tim Motorsport terdiri atas tyre fitters, race tyre engineers, manajer, kordinator lapangan, serta media komunikasi. Seperti diketahui, ajang balapan MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB akan digelar pada 18-20 Maret 2022. Indonesia menjadi seri balapan kedua setelah seri pembuka di Sirkuit Losail, Qatar, pada 6 Maret 2022.

 


(ADI)

Berita Terkait