Ikut Upacara Hardiknas, Puluhan Pelajar dan Guru di Jombang Pingsan

Salah satu siswa pingsan saat mengikuti upacara Hardiknas (Foto / Istimewa) Salah satu siswa pingsan saat mengikuti upacara Hardiknas (Foto / Istimewa)

JOMBANG : Puluhan pelajar hingga guru tak kuat mengikuti upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2023 di Alun-alun Kabupaten Jombang, Jawa Timur (Jatim), Selasa 2 Mei 2023. Mereka diduga kelelahan hingga mengeluh kepanasan. Sebagian dari pelajar bahkan pingsan sehingga harus dievakuasi oleh petugas medis ke tenda yang telah disiapkan untuk mendapat perawatan.

Petugas Dinas Kesehatan (Dinkes) Jombang, Tri Wahyudi, mengatakan sekitar 40 orang pingsan saat mengikuti upacara tersebut. Mereka berasal dari kalangan anak didik hingga guru. "Kurang lebih 30-40 orang, dari kalangan anak didik, ASN, guru," ujar Tri.

Secara umum, kata dia, para peserta mengeluhkan cuaca yang terasa lebih panas dibanding hari biasa. Selain itu, para peserta juga diduga kelelahan karena telah bersiap mengikuti upacara sejak subuh. "Karena kondisi tubuhnya dan alam. Tadi yang saya tanya habis subuh sudah siap-siap, ada yang belum sarapan," kata Tri.

baca juga : Keluarga Korban Minta Pelaku Pembunuhan Pelajar SD di Gresik Dihukum Mati

Beruntung, meski banyak yang jatuh pingsan, namun para peserta dapat segera ditangani dengan baik oleh petugas medis. Sehingga tidak ada satu pun yang perlu dirujuk ke rumah sakit.

 


(ADI)

Berita Terkait