Segera Dimulai, Renovasi Stadion Kanjuruhan Telan Biaya Rp 1 Triliun

Sidak kondisi Stadion Kanjuruhan pasca kerusuhan/ist Sidak kondisi Stadion Kanjuruhan pasca kerusuhan/ist

MALANG: Renovasi Stadion Kanjuruhan bakal segera dilakukan  tahun ini. Total menelan biaya sebesar Rp 1 Triliun bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Bupati Malang, Muhammad Sanusi mengatakan bahwa saat ini tahapan renovasi Stadion Kanjuruhan sudah memasuki penyusunan Detail Enginering Design (DED). Seluruh tahapan renovasi menelan anggaran sebesar Rp1 triliun.

"Stadion Kanjuruhan dibangun tahun ini oleh pemerintah pusat dengan anggaran APBN. Nilai anggarannya Rp1 triliun. Saat ini penyusunan DED dengan anggaran Rp8,6 miliar," ujarnya pada Rabu 7 Juni 2023.

Sementara  Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat menambahkan, tahapan renovasi Stadion Kanjuruhan ditangani langsung oleh pemerintah pusat.

BACA: Keluarga Korban Tragedi Kanjuruhan Menolak Pembongkaran Stadion

Sementara Pemkab Malang hanya dimintai pertimbangan serta diberikan laporan melalui Balai Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Lelang manajemen konstruksi sudah selesai. Selanjutnya yakni penyusunan DED," katanya.

Wahyu menambahkan bahwa penyusunan DED renovasi Stadion Kanjuruhan di Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, diperkirakan rampung pada tahun ini.

"Pasca penyusunan DED. Mungkin rampung tahun ini. Kemudian nanti lelang fisiknya," ujarnya.

 


(TOM)

Berita Terkait