Nyi Eva, Daftar Kembali Jadi Cawabup Sumenep ke PDIP

Wabup Sumenep, Dewi Khalifah, mengembalikan berkas formulir pendaftaran sebagai bakal cawabup kepada Ketua Desk Pilkada 2024 PDI Perjuangan Sumenep, Zainal Arifin, di kantor PDI Perjuangan setempat pada Senin, 6 Mei 2024. (ANTARA/Slamet Hidayat) Wabup Sumenep, Dewi Khalifah, mengembalikan berkas formulir pendaftaran sebagai bakal cawabup kepada Ketua Desk Pilkada 2024 PDI Perjuangan Sumenep, Zainal Arifin, di kantor PDI Perjuangan setempat pada Senin, 6 Mei 2024. (ANTARA/Slamet Hidayat)

Sumenep: Wakil Bupati Sumenep, Jawa Timur, Dewi Khalifah, mendaftarkan diri sebagai bakal calon wakil bupati (cawabup) ke PDI Perjuangan. Perempuan yang akrab dipanggil Nyi Eva datang ke Kantor DPC PDI Perjuangan Sumenep didampingi ratusan kader Muslimat Nahdlatul Ulaman (NU) dan pendukungnya.

"Ini ikhtiar kami untuk melanjutkan perjuangan dan kebersamaan dengan Pak Fauzi (Ketua DPC PDI Perjuangan Sumenep Ahmad Fauzi Wongsojudo sekaligus Bupati Sumenep) pada periode mendatang," ucap Dewi Khalifah dikutip dari Antara, Senin, 6 Mei 2024.

Nyi Eva hanya mendaftar sebagai bakal cawabup untuk kepentingan Pilkada Sumenep 2024 ke PDI Perjuangan. Ketua Desk Pilkada 2024 di PDI Perjuangan Sumenep, Zainal Arifin, mengaku kini telah menerima enam orang yang mendaftar sebagai bakal cawabup.

Selain Nyi Eva, terdapat juga lima orang yang mendaftar sebagai cawabup ke PDI Perjuangan Sumenep, mereka adalah Nurfitriana Busyro Karim (politikus perempuan PKB), Herman Dali Kusuma (politikus PKB), Faisal Muhlis (politikus PAN), KH Qusyairi (pengasuh ponpes), dan Syamsul Arifin (kepala desa).

Pendaftaran bakal cabup dan cawabup untuk Pilkada 2024 oleh DPC PDI Perjuangan Sumenep dibuka sejak Rabu, 24 April 2024 hingga pertengahan Mei 2024.

PDI Perjuangan Sumenep memperoleh 11 kursi di DPRD setempat hasil Pemilu Legislatif 2024 dan selanjutnya memenuhi syarat untuk mengusung bacabup-bacawabup perorangan atau tanpa koalisi pada Pilkada Sumenep 2024.

Pada Pilkada Sumenep 2020 silam, Fauzi sebagai Ketua DPC PDI Perjuangan Sumenep itu berpasangan dengan Nyi Eva sebagai cabup-cawabup dan berhasil mendapatkan suara paling banyak.


(SUR)

Berita Terkait