Pj Wali Kota Batu Ditunjuk Sebagai Komandan Upacara Peringatan Hari Otoda

Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai melaksanakan kegiatan gladi resik peringatan Hari Otoda XXVIII di Balai Kota Surabaya pada Rabu (24/4/2024). (ANTARA/HO-Prokopim Kota Batu) Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai melaksanakan kegiatan gladi resik peringatan Hari Otoda XXVIII di Balai Kota Surabaya pada Rabu (24/4/2024). (ANTARA/HO-Prokopim Kota Batu)

Surabaya: Penjabat (Pj) Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, ditunjuk Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sebagai komandan upacara dalam peringatan Hari Otonomi Daerah (Otoda) XXVIII di Balai Kota Surabaya pada Kamis, 25 April 2024. Aries menghadiri kegiatan gladi resik upacara kegiatan tersebut di Balai Kota Surabaya hari ini. 

“Penunjukan seluruh petugas upacara dari inspektur komandan dan pengisian acara semuanya ditunjuk oleh Kementerian Dalam Negeri, kami tidak tahu apa yang menjadi bahan pertimbangannya," ucap Aries dikutip dari Antara, Rabu, 24 April 2024.

Aries mengatakan penunjukan ini bukan hal baru baginya karena ia mengaku sering mendapat tugas sebagai komandan upacara di beberapa agenda peringatan di tingkat Provinsi jawa Timur.

Namun, tak dipungkiri olehnya, ditugaskan sebagai komandan upacara merupakan suatu hal yang membanggakan baginya, sebab peringatan Hari Otoda besok rencananya juga akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo. Maka dari itu, seluruh persiapan dimatangkan dalam “gladi resik” agar upacara berjalan dengan maksimal dan sempurna.

"Tentunya ini menjadi pembangkit semangat kami bahwa kepala-kepala daerah harus memahami betul bagaimana prinsip dari otonomi daerah," kata dia.

Selain sebagai komandan upacara pada peringatan Hari Otoda XXVIII, Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur ini juga mengaku memiliki tugas lain, yaitu mempersiapkan drum band SMA Negeri 5 Taruna Brawijaya, Kota Kediri. "Semoga semua berjalan tertib dan sesuai harapan," tutur dia.

Pelaksanaan peringatan Hari Otoda di Surabaya mengusung tema “Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan yang Sehat”. Pelaksanaan gladi diikuti oleh seluruh jajaran petugas dari beberapa pemerintah daerah, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), hingga camat se-Kota Surabaya.

Selain itu, terdapat juga panggung yang disiapkan untuk regu paduan suara dari beberapa sekolah. Konsep hiburan mulai dari drum band hingga tarian tradisional juga disiapkan untuk melengkapi peringatan Hari Otoda esok hari.


(SUR)

Berita Terkait