Tak Ingin Ketinggalan, 5 Perusahaan Inggris Berkolaborasi Ciptakan Mobil Listrik Futuristik

Konsep mobil listrik yang dibuat 5 perusahaan otomotif Inggris diberi nama Aura (Foto / Istimewa) Konsep mobil listrik yang dibuat 5 perusahaan otomotif Inggris diberi nama Aura (Foto / Istimewa)

SURABAYA : Sejumlah pabrikan Inggris berkolaborasi menciptakan kendaraan listrik (EV) konsep berdesain futuristik, bernama Aura. Mobil beratap terbuka dengan kapasitas tempat duduk dua orang ini dikembangkan lima perusahaan, yakni Astheimer, Potenza Technology, BAMD Composites, Conjure dan Spark EV.

Dilansir dari Carscoops, Kamis 23 September 2021, proyek yang membutuhkan waktu kurang dari satu tahun ini dikembangkan dan dibangun dengan dana berasal dari Office for Zero Emission Vehicles. Eksterior kendaraan telah dibuat dengan komposit serat alami yang ringan dan berkelanjutan dan dibentuk menggunakan dinamika fluida komputasi, membuat Aura sangat efisien secara aerodinamis.

Roda belakang juga memiliki penutup untuk membantu aerodinamika. Detail spesifikasi mobil EV konsep tersebut belum diumumkan, tetapi cukup kompak. Aura memiliki sepasang paket baterai 44 kWh, sehingga totalnya menjadi 88 kWh. Paket baterai pertama terletak di lantai dasar mobil, sedangkan paket kedua diposisikan di bawah kap. EV ini dapat melakukan perjalanan 400 mil (643 km) dalam sekali pengisian daya.

Baca Juga : Ogah Beli Baru, Pasar Mobil Bekas Masih Mendominasi

Di dalam kabin Aura EV terdapat sejumlah fitur menarik. Di antaranya Human-Machine Interface (HMI) canggih dengan visualisasi 3D yang memberikan umpan balik real-time pada kinerja aerodinamis mobil. Mobil ini juga memiliki roda kemudi unik dengan layar self-centering yang besar.

Mendasari Aura adalah rangkaian perangkat lunak canggih dari Spark EV yang menyediakan pembacaan daya baterai dan jangkauan dengan akurasi 99,5 persen. CEO Spark EV Justin Ott mengatakan, perusahaan mengembangkan Aura ingin menghilangkan ketidakpercayaan pembeli terhadap kendaraan listrik dengan melawan apa yang menjadi perhatian paling serius banyak masyarakat, yaitu kecemasan daya jangkau kendaraan.

 


(ADI)

Berita Terkait