Stop Salak, Minuman Khas Warga Bangkalan di Bulan Ramadan

Stop salaj, minuman khas warga Bangkalan di bulan ramadan/ metrotv Stop salaj, minuman khas warga Bangkalan di bulan ramadan/ metrotv

BANGKALAN: Warga Kabupaten Bangkalan, Madura memiliki kuliner yang hanya ditemui saat bulan ramadhan. Namanya Stop Salak.  Minuman berbahan dasar buah salak ini menjadi primadona dan pelepas dahaga saat berbuka puasa.

Tak salah jika Kabupaten Bangkalan disebut sebagai Kota Salak. Berbagai kuliner berbahan dari buah salak ada di Bangkalan. Salah satunya stop salak yang memiliki rasa khas, manis sepat.

Cara membuatnya cukup mudah.  Pertama persiapkan salak asli Bangkalan, kayu manis dan gula. Salak terlebih dahulu dikupas kulitnya setelah itu dicuci dan kemudian dimasak menggunakan air. Campurkan dengan kayu manis lalu diberi gula secukupnya.

Setelah air mendidih, angkat seduh  buah salak tersebut. Sajian minuman buah salak ini sudah bisa disajikan dengan beberapa isinan lainnya. Seperti kolang kaling atau bahan lain yang diinginkan sesuai dengan selera.

BACA: Asyiknya Mancing Gratis Sambil Nunggu Sahur

Vicky Hartinanda, salah satu ibu rumah tangga yang sering membuat stop salak mengatakan, menu minuman tersebut memang jarang sekali terlihat saat hari-hari biasa, namun ada saat bulan puasa.

"Cara membuatnya cukup gampang sehingga tidak banyak menyita waktu. Jadi cepat dan cocok untuk buka puasa, " ujarnya.  

Sementara  Azis, salah satu penikmat stop salak mengatakan, rasa dari minuman tersebut cukup unik karena terasa manis dan sepat.

"Saya tambahkan es agar kesegaran dari minuman stop salak tersebut lebih terasa, " ucapnya.

 


(TOM)

Berita Terkait