Sirkuit Mandalika Jadi Lokasi Tes Pramusim MotoGP 2022

Sirkuit Mandalika (Foto / Istimewa) Sirkuit Mandalika (Foto / Istimewa)

JAKARTA : Sirkuit Internasional Mandalika akan menjadi lokasi tes pramusim MotoGP 2022. Tes pramusim di Sirkuit Mandalika rencananya dilaksanakan pada 11-13 Februari 2022. Hal itu dikonfirmasi MotoGP melalui laman resminya, Jumat 27 Agustus 2021. Ada dua sirkuit di Asia Tenggara yang jadi lokasi tes pramusim yakni Sirkuit Mandalika dan Sirkuit Sepang, Malaysia.

Tentunya ini jadi kabar membahagiakan lantaran Sirkuit Mandalika yang terletak di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) itu akhirnya menjadi lokasi para pembalap MotoGP beraksi. Meski hanya tes pramusim, hal tersebut setidaknya sudah menjadi bukti bahwa Sirkuit Mandalika siap menggelar balapan MotoGP.

Nantinya Sirkuit Mandalika akan menggelar tes pramusim MotoGP 2022 pada 11-13 Februari 2021. Para pembalap MotoGP akan terbang ke Lombok setelah pada 5-6 Februari 2021 melakukan tes pramusim di Sirkuit Sepang. Jadi, tes pramusim MotoGP 2022 nantinya akan fokus di Sirkuit Sepang dan Mandalika. Selain tes resmi, shakedown test yang diikuti para test rider dan pembalap rookie digelar di Sirkuti Sepang pada 31 Januari-2 Februari 2021.

BACA JUGA : Jajal Aspal Silverstone, Marquez Melesat Hingga Motor Hancur

MotoGP mengatakan tanggal tersebut merupakan jadwal sementara yang sudah dirancang oleh Dorna Sport selaku promotor ajang balapan tersebut. Sehingga sewaktu-waktu tanggal bisa berubah melihat kondisi yang terjadi. “Tanggal sementara untuk pengujian pramusim menjelang Kejuaraan Dunia MotoGP 2022 sekarang dapat diumumkan, serta tanggal sementara yang diusulkan untuk Grand Prix pertama musim 2022,” bunyi keterangan MotoGP di laman resminya.

“Kelas MotoGP akan menjalani dua tes di awal tahun 2022, ditambah tes shakedown di Sirkuit Internasional Sepang hanya untuk pembalap uji pabrik dan pemula. Tes kedua akan berlangsung di Sirkuit Jalan Internasional Mandalika yang baru di Indonesia,” lanjut keterangan itu.

Selain mengabarkan terkait jadwal tes pramusim, Dorna Sport juga memastikan Sirkuit Losail, Qatar akan menjadi lokasi pembuka MotoGP 2022. GP Qatar lagi-lagi dipecaya untuk memulai kompetisi ajang balapan tersebut.

Jadwal Tes Pramusim MotoGP 2022:

- Tes Shakedown: 31 Januari – 2 Februari
- Tes Sepang: 5 – 6 Februari
- Tes Mandalika: 11 – 13 Februari

 


(ADI)

Berita Terkait