Overheating hingga Picu Kebakaran, Ford Tarik 100.689 Mobil Hybrid

Istimewa Istimewa

JAKARTA : Pabrikan mobil asal Amerika Serikat, Ford menarik kembali (recall) sebanyak 100.689 mobil hybrid. Ini mencakup model Corsair, Escape, dan Maverick keluaran 2020 hingga 2022. Dilansir dari Engadget, Senin 11 Juli 2022, penarikan dilakukan karena kekhawatiran mobil akan terbakar. Pabrikan menyebut mesin elektrik hybrid 2.5 liter dan plug-in hybrid berisiko gagal mesin.

Mobil yang menggunakan mesin tersebut dikatakan dapat melepaskan sejumlah besar oli mesin dan uap bahan bakar jika bermasalah. Kedua zat tersebut dapat terakumulasi di dekat sumber api kendaraan. Ini dapat menyebabkan kebakaran di bawah kap mesin atau melelehkan komponen di dalamnya. Ford mengatakan kegagalan mesin ini karena masalah pada proses manufaktur.

Meski demikian, perusahaan mengklaim belum menerima laporan adanya kecelakaan. Perusahaan akan mulai memberi tahu dealer tentang recall ini mulai 8 Agustus mendatang. Berikutnya dealer akan memberi tahu para pemilik kendaraan untuk menyerahkan mobil mereka kemudian dilakukan perbaikan dan penambahan pelindung di bawah mesin serta penutup kisi-kisi yang baru.

Baca juga : Awas! Beredar Alamat Web dan Aplikasi Ilegal MyPertamina

Untuk diketahui, ini bukanlah penarikan pertama yang dilakukan Ford. Bulan lalu Ford juga menarik 49.000 Mach-E EV, dengan alasan masalah konektor baterai tegangan tinggi yang terlalu panas.

 


(ADI)

Berita Terkait