Pj Gubernur Jatim Mengungkapkan Gotong Royong Jadikan Jatim Maju

Pj Gubernur Jatim r Adhy Karyono ziarah ke makam Presiden pertama Indonesia, Soekarno di Kota Blitar, Jawa Timur, Selasa (11/6/2024). ANTARA/ HO-Pemprov Jatim Pj Gubernur Jatim r Adhy Karyono ziarah ke makam Presiden pertama Indonesia, Soekarno di Kota Blitar, Jawa Timur, Selasa (11/6/2024). ANTARA/ HO-Pemprov Jatim

Blitar: Penjabat Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono menyatakan gerakan gotong royong yang diusung Presiden ke-1 RI Soekarno sangat penting digelorakan. Apalagi, gotong royong membantu Jawa Timur menjadi provinsi yang stabil dan maju.

Pj Gubernur menegaskan bahwa Bung Karno, sapaan akrab Presiden pertama Indonesia Soekarno, telah menanamkan banyak nilai sosial dan persatuan dalam kehidupan masyarakat Indonesia, termasuk gotong royong.

"Dengan gerakan gotong royong yang diletakkan oleh Bung Karno ini akan menjadikan Jatim menjadi provinsi stabil dan maju mewujudkan misi mewujudkan Generasi Emas Indonesia Maju 2045," ujar Adhy Karyono dikutip dari Antara, Rabu, 12 Juni 2024.

Ia menyatakan bahwa sebagai bapak bangsa, Bung Karno memiliki peran yang sangat penting. Terutama, pemikirannya yang membawa Indonesia hingga saat ini. Penghormatan kepada sang proklamator layak untuk selalu diperingati.

Hal ini disampaikannya saat ziarah ke makam Presiden pertama RI Soekarno di Kota Blitar ini juga bagian dari rangkaian peringatan Bulan Bung Karno. Peringatan ini digelar di bulan kelahiran Bung Karno pada 6 Juni 1901 dan wafat pada 21 Juni 1970.

Pj Gubernur mengatakan bahwa ziarah ke makam Bung Karno ini merupakan salah satu bentuk rasa syukur sebagai generasi penerus bangsa, yang melihat Indonesia terus berkembang menjadi negara maju sejak kemerdekaan.

"Kehadiran kami di sini untuk memanjatkan doa dan rasa syukur sebagai warga bangsa Indonesia yang setelah kemerdekaan RI Indonesia terus tumbuh menjadi negara Maju," kata Adhy.

Wali Kota Blitar, Santoso, berharap bahwa Bulan Bung Karno yang jatuh pada bulan Juni ini dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat.

Menurutnya, ajaran Bung Karno seperti Tri Sakti bisa diterapkan oleh seluruh masyarakat Blitar.

"Semoga semangat dan spirit gotong royong yang diajarkan oleh Bung Karno bisa dikembangkan di seluruh daerah di Jatim dan warga Blitar," ujarnya.

Saat ziarah, Pj Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono didampingi oleh Pj Ketua TP PKK Provinsi Jatim, Wali Kota Blitar, Bupati Blitar, Pj Sekdaprov Jatim, dan beberapa pejabat lainnya.

Setelah rombongan tiba di makam Bung Karno di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Pj Gubernur Adhy dan rombongan langsung masuk ke area makam.

Acara tersebut juga mencakup upacara di area makam yang dilanjutkan dengan duduk bersama di sekitar makam untuk membaca doa, dipimpin oleh imam setempat.

Di lokasi, Pj Gubernur Adhy juga menaburkan bunga di makam Bung Karno serta makam kedua orangtua Bung Karno yang terletak bersebelahan di area tersebut.


(SUR)

Berita Terkait